Selasa, 24 Mar 2020 20:13 WIB

Tangkal Corona, Angkutan Umum di Indonesia Wajib Semprot Disinfektan

M Luthfi Andika - detikOto
Kendaraan Umum di Amerika Disemprot Disinfektan Bus di Amerika Serikat disemprot Disinfektan Foto: Pool (Internet)
Jakarta -

Di banyak negara, kendaraan umum, disemprot disinfektan demi melindungi penggunanya dari penularan virus Corona. Langkah yang sama harusnya bisa diterapkan di Indonesia.

Sayangnya, kondisi tersebut akan sulit diimplementasikan di Indonesia. Pengamat transportasi, Djoko Setijowarno, menyebut ada tantangan yang muncul karena kendaraan umum di Indonesia ada yang dimiliki perorangan.

"Kalo kendaraan umum berbadan hukum, mudah dikendalikan dan diawasi untuk dilakukan semprotan disinfektan. Namun yang angkutan umum manajemen perorangan, ada kesulitan, kecuali pemda-nya melakukan semprotan massal, ketika beroperasi di jalan," ujar Djoko.

Djoko memberikan contoh apa yang terjadi di Amerika Serikat. Berbagai kendaraan umum secara terjadwal disemprotkan disinfektan.

Bukan cuma disemprot disinfektan, kereta dan bus juga juga dirawat menggunakan kabut elektrostastik. Ini dilakukan setiap minggu di seluruh armada yang terdiri dari 1.200 kereta dan 1.500 bus. Proses elektrostastik bahkan mencakup permukaan yang tidak dapat diakses di dalam kendaraan, seperti saluran udara dan kompartemen.

Disemprot DisinfektanDisemprot Disinfektan Foto: Pool (Internet)



Simak Video "Inovatif! Cegah Corona, Warga Kendari Buat Gerbang Sterilisasi"
[Gambas:Video 20detik]
(lth/din)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com