Jumat, 20 Mar 2020 17:46 WIB

Hati-hati! Corona Bisa Menular Lewat Helm Full Face

Rizki Pratama - detikOto
Helm Impor Helm full face bisa jadi medium penularan corona (Luthfi Anshori/detikOto)
Jakarta -

Helm merupakan perangkat wajib keselamatan pengendara sepeda motor. Sayangnya di saat corona berkembang pesat ada baiknya tidak sembarangan menggunakan helm.

Jenis helm yang rentan menjadi medium penularan virus corona adalah jenis helm full face. Spesialis penyakit dalam dan vaksinolog Omni Hospitals Pulomas, dr Dirga Sakti Rambe, M.Sc, Sp.PD menyampaikan himbauan ini melalui akun twitter pribadinya.

"Pd situasi #COVID19 sekarang, sebaiknya hindari penggunaan helm full face yg dipakai BERGANTIAN dng orang lain. Helm model ini dpt menjadi media penularan. Kita lakukan semua upaya pencegahan. Jangan lupa ttp di rumah. Hindari tempat ramai. Jaga daya tahan tubuh," cuitnya saat dilihat detikcom hari Jumat, (20/3/2020).

Poin utama yang ditekankan pada penggunaan helm full face adalah penggunaan oleh banyak orang. Helm full face sebaiknya digunakan oleh satu orang saja dan tidak bergantian.

"Intinya kalau dipakai sendiri boleh. Bergantian jangan dulu karena bisa jadi media penularan," jelasnya saat dihubungi detikOto.

Ia menjelaskan saat orang sakit batuk atau bersin akan mengeluarkan droplet. Droplet dapat menempel di bagian dalam helm dan bisa menulari orang lain yang menggunakan tersebut.

"Misalnya ada orang sakit tapi tidak sadar ia sakit, lalu batuk atau bersin atau bicara mengeluarkan droplet. Droplet ini menempel di bagian dalam helm sehingga bisa menulari orang sehat yang pakai helm itu," paparnya.

Kebiasaan seperti ini cenderung akan sering dijumpai di jasa angkutan roda dua yang biasanya menyediakan helm. Dirga menyarankan jika terpaksa bepergian menggunakan ojek baiknya menggunakan helm sendiri.

"Dan ada baiknya kalau naik angkutan, bawa helm sendiri saja pada saat seperti ini," tukasnya.



Simak Video "Rumah Sakit di Israel Overload Pasien Corona!"
[Gambas:Video 20detik]
(rip/din)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com