Minggu, 08 Mar 2020 13:58 WIB

Terpopuler Pekan Ini

Terpopuler Sepekan: Masker Terbaik untuk Bikers Tangkal Virus Corona

Luthfi Anshori - detikOto
Polusi udara merupakan satu dari beragam persoalan yang terjadi di ibu kota. Jakarta yang masuk 10 kota termacet di dunia turut sumbang polusi udara di ibu kota Masker apa yang cocok untuk bikers menangkal corona?.Foto: Pradita Utama
Jakarta -

Salah satu berita otomotif terpopuler sepekan ini masih terkait dengan isu wabah corona. Topik yang menjaring minat banyak pembaca adalah soal masker untuk pengendara sepeda motor alias bikers. Masker diyakini bisa menangkal penyebaran virus tersebut, kendati pemerintah tidak menyarankan penggunaan masker untuk orang-orang sehat.

Dokter Wibisono, anggota komunitas MedDocs & Friends Indonesia, mengatakan, jenis masker yang dipakai bikers seperti buff masker atau balaclava tidak efektif menangkal virus corona.

"Kalau pakai masker seperti kain yang dijual (buff-Red), saya rasa kurang manfaat ya," terang Wibisono, kepada detikOto, belum lama ini.

Dokter yang berdinas di tiga rumah sakit di Solo ini menyarankan hanya orang yang sakit saja sebaiknya menggunakan masker. Sebab, penularan virus hal pertama yang menjadi perhatian bagi para bikers adalah menjaga stamina atau kekebalan tubuh.

"Pakai helm yang tertutup dengan balaclava sudah cukup," lanjut Wibisono. Sama seperti Menkes, ia juga tidak menyarankan kepada orang sehat untuk menggunakan masker.

"Sebenarnya masker nggak diperlukan. Seperti yang disarankan WHO, Kemenkes, masker itu nggak diperlukan orang yang sehat. Hanya orang sakit, agar virusnya tidak menyebar ke orang lain," ujar Wibisono

(Lanjut Halaman Berikutnya: Masker Apa yang Cocok untuk Bikers Tangkal Virus Corona?)

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "PSBB Transisi Diperpanjang, Kawasan Bundaran HI Tetap Ramai Warga"
[Gambas:Video 20detik]
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com