Jumat, 06 Mar 2020 16:30 WIB

Himbauan Menhub ke Operator Bus dan Kapal saat Corona Mengintai

Luthfi Anshori - detikOto
Sejumlah warga hilir mudik di kawasan Terminal Bus Tanjung Priok, Jakarta. Aktivitas di terminal tersebut tampak masih berjalan normal. Ilustrasi terminal bus.Foto: Pradita Utama
Jakarta -

Guna mengantisipasi penyebaran virus corona di Indonesia, Kementerian Perhubungan menghimbau kepada operator bus di terminal dan operator kapal di pelabuhan untuk menyediakan cairan antiseptik. Ini penting dilakukan mengingat dua kawasan tersebut merupakan tempat pertemuan banyak orang.

"Saya sudah membuat surat edaran kemarin, sesuai arahan Menteri Perhubungan, yang memerintahkan kepada semua Dirjen untuk melakukan langkah-langkah pencegahan di tempat umum," kata Dirjen Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan Budi Setiyadi, di Jakarta Convention Center, Kamis (5/3/2020).

"Karena bidang saya di transportasi darat, bus di terminal dan kemudian di penyeberangan, jadi saya sudah membuat surat edaran ke semua simpul seperti operator bus dan kapal, untuk bisa menyediakan tempat untuk hand sanitizer itu," lanjut Budi.

Budi mengatakan sudah mengedarkan surat itu sejak dua hari lalu. Ia juga sudah meminta kepada Kementerian Kesehatan untuk membantu langkah pencegahan ini dengan menyiapkan petugas pengecek suhu badan dengan alat thermal gun, khususnya di pintu-pintu masuk penyeberangan.

"Dan kita harapkan dari Dinas Kesehatan Provinsi bisa membantu kita untuk menyiapkan petugas-petugasnya, terutama di pelabuhan Merak-Bakauheni yang penumpangnya cukup banyak," pungkas Budi.



Simak Video "Update Corona di Indonesia: 22.271 Kasus Positif, 1.371 Meninggal"
[Gambas:Video 20detik]
(lua/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com