Jumat, 28 Feb 2020 18:49 WIB

Alarm Tidak Bunyi saat Maling Gasak Spion Toyota Alphard, Ini Penyebabnya

M Luthfi Andika - detikOto
Toyota meluncurkan Alphard dan Vellfire terbaru, 19 Februari 2020. Mobil ini mendapat fitur keselamatan dan kenyamanan terbaru. Toyota Alphard alarm tak bunyi saat spion dicongkel. Kenapa? (Dok. Toyota)
Jakarta -

Kasus pencurian spion Toyota Alphard milik Quraish Shihab di rumah kediamannya masih menarik perhatian. Terlebih Najwa Shihab mengatakan alarm mobil tidak berbunyi ketika spion mobil dicongkel pelaku. Kok bisa?

Alarm tidak berbunyi saat kasus pencurian spion terjadi ternyata mungkin saja. Itu dikonfirmasi oleh Service Manager Auto2000 Cilandak, Suparna, dalam perbincangan dengan detikOto.

"Kita tidak tahu apakah alarm itu berfungsi atau tidak? Bisa saja alarmnya berfungsi, tapi kita tidak tahu. Karena kita memang tidak melihat Toyota Alphard itu (milik Quraish shihab). Tapi jika ditanya, bisa tidak kalau saat spion Toyota Alphard dilepas tanpa alaram bunyi, jawabannya bisa," kata Suparna.

Meski demikian Suparna juga menjelaskan, tidak berfungsinya alarm Toyota Alphard saat terjadi pencurian bukan tanpa sebab.

"Jadi kalau kita melepas komponen tertentu tanpa menimbulkan getaran yang berarti, ya alarm tidak akan fungsi. Karena di situ ada sensor getar. kalau melakukan pelepasannya sangat hati-hati ya tidak akan fungsi (alarm mobilnya-Red)," ujar Suparna.

Lalu artinya sensor getar Toyota Alphard memang sengaja dibuat tidak terlalu sensitif?

"Kalau kita, buat sensor getar itu sangat sensitif bangat, nanti saat ada motor alarm itu akan teriak-teriak dan ini biasa orang akan protes," kata Suparna.

"Jadi kita setting pada stelan yang paling pas, jadi tidak gampang bunyi, tapi tidak bandel bangat atau tidak akan berfungsi saat ada getaran," tambah Suparna.

Suparna memprediksi besar kemungkinan si pencuri spion Toyota Alphard ini, melakukan aksinya dengan sangat hati-hati. Dan bisa jadi sudah lihai.

"Mungkin juga si pencuri itu sudah bisa menjinakkan alarm tersebut. ada maling yang bisa menjinakkan dengan frekuensi tertentu , akan diulik-ulik dan fungsi alarm akan dilumpuhkan, atau pencuri ini bisa memutuskan jalur kabel. Tapi karena hanya kaca spionnya saja yang rusak, jadi kemungkinan bukan pemutusan jalur kabel. Tapi pencuri ini sangat hati-hati sekali saat melepas kaca spion," tambahnya.



Simak Video "Alarm Peringatan Serangan Rudal Palsu Bikin Warga Panik"
[Gambas:Video 20detik]
(lth/din)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com