Jumat, 28 Feb 2020 08:09 WIB

Spion Toyota Alphard Raib, Bisa Jadi Asuransi Tidak Menggantinya

M Luthfi Andika - detikOto
Toyota meluncurkan Alphard dan Vellfire terbaru, 19 Februari 2020. Mobil ini mendapat fitur keselamatan dan kenyamanan terbaru. Ilustrasi Toyota Alphard Foto: Dok. Toyota
Jakarta -

Pencurian kaca spion Toyota Alphard kembali terdengar. Entah apa motifnya, bisa dipastikan pencurian ini memang cukup merugikan pemilik Toyota Alphard. Terlebih pihak asuransi bisa jadi tidak mengcover atau tidak bisa mengklaim asuransi yang dimilikinya.

Seperti yang disampaikan Senior VP Communication dan Service Management Garda Oto, Laurentius Iwan Pranoto, kepada detikcom.

"Kalau konsumen mengasuransikan mobilnya dengan asuransi comprehensive pastilah diganti. Tapi kalau Total Loss Only (TLO) kan harga spion tidak sampai 75% harga pertanggungan, jadi tidak diganti," kata lelaki yang disapa Iwan ini.

Iwan kembali menjelaskan apa yang menjadi perbedaan asuransi kendaraan komprehensive dan TLO.

Ilustrasi Toyota AlphardIlustrasi Toyota Alphard Foto: Istimewa/Toyota-Astra Motor

"Perlindungan asuransi TLO menjamin mobil Anda atas kehilangan atau kerusakan yang senilai lebih dari 75% dari harga mobil, yang artinya jika terjadi kerusakan ringan maka tidak akan ditanggung atau dijamin. Kalau rusak, biaya perbaikan minimal 75% dari harga mobil misal harga mobil Rp 100 juta, lalu kecelakaan dan rusak parah ini akan ada penggantian atau perbaikan," ujar Iwan.

"Jika total biaya perbaikan atau penggantian, di bawah Rp 75 juta artinya no cover (tidak akan diganti-Red)," tambah Iwan.

Lalu bagaimana dengan kasus pencurian spion Toyota Alphard?

"Jika Toyota Alphard asuransinya cover TLO, lalu spion hilang. Spion harganya Rp 10 juta, harga mobil Rp 1 miliar, itu kan tidak sampai 75% dari Rp 1 miliar. Keputusannya jika spion Toyota Alphard hilang, maka ini no cover (tidak akan diganti asuransi-Red)," kata Iwan.

Selanjutnya
Halaman
1 2
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com