Kamis, 27 Feb 2020 18:46 WIB

Apa Benar Spion Alphard Mahal?

M Luthfi Andika - detikOto
Toyota merilis mobil MPV mewah Alphard dan Vellfire model baru. Untuk Vellfire tidak mengalami kenaikan harga tapi Alphard harganya naik sampai Rp 50,3 juta. Toyota Alphard dan Vellfire 2018, apa bener spion mobil ini mahal? (Toyota)
Jakarta -

Kasus pencurian spion Alphard kembali terjadi. Kediaman Quraish Shihab yang berada di kawasan Cilandak Timur, Jakarta Selatan, disantroni maling dan mencuri 4 spion Toyota Alphard. Tapi apa benar spion Toyota Alphard itu mahal?

Seperti yang disampaikan CSD & Marcomm Department Head Auto2000, Cahaya F. Tantriani, kepada detikcom, mahal atau tidaknya spion Toyota disebutnya relatif.

"Mahal atau tidak relatif harga spion Toyota Alphard itu relatif," ujar Cahaya F. Tantriani.

Ilustrasi Toyota Alphard TerbaruIlustrasi Toyota Alphard Terbaru Foto: Dok. Toyota

Kasat Reskrim Polres Jaksel, AKBP M Irwan, kepada wartawan mengungkapkan kerugian akibat pencurian spion Alphard mencapai sekitar Rp 18 juta.

"Estimasi sekian (Rp 18 juta). Perkiraan masing-masing spion (kerugiannya) Rp 4,5 juta," kata AKBP M Irwan dalam keterangan kepada wartawan, Kamis (27/2/2020).

Kembali ke konsumen Toyota Alphard, biasanya mereka sudah mengasuransikan kendaraannya. Itu membuat merek tak khawatir dengan biaya yang harus ditanggung dalam kasus pencurian seperti ini.

"Konsumen Auto2000 itu biasanya melakukan pembayaran menggunakan leasing. Artinya ini ter-cover asuransi, kalau terjadi pencurian atau seperti itu bisa diganti," ujar Tantri.

"Jadi kalau tidak memiliki asuransi sebaiknya booking atau datang ke cabang Auto2000 terdekat untuk proses order dulu. Karena spion bukan termasuk fast moving part. Sedangkan bila memiliki asuransi bisa langsung hubungi perusahaan asuransinya. Nah bengkel Auto2000 bekerjasama dengan 20 perusahaan asuransi, sehingga bisa dibantu untuk melakukan klaim," tambah Tantri.

Toyota Alphard dan VellfireToyota Alphard dan Vellfire Terbaru Foto: Toyota

Tantri menambahkan, jika memiliki asuransi kendaraan, konsumen tidak akan mengeluarkan biaya yang banyak untuk melakukan pergantian dan pemasangan spion Toyota Alphard.

"Jika asuransi, konsumen tidak membayar biayanya atau membayarnya tidak penuh. Rata-rata All Risk itu Rp 300 ribu per kerusakan," tambah Tantri.



Simak Video "#Dirumahaja, Quraish Shihab: Berdosalah Mereka yang Melanggar"
[Gambas:Video 20detik]
(lth/din)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com