Jumat, 21 Feb 2020 09:53 WIB

Nah Lho, Tikus Bisa Bikin Pemilik Mobil Rugi Belasan Juta Rupiah

Luthfi Anshori - detikOto
Cuci mobil dengan tenaga uap memberikan kebersihan yang berbeda. Dengan pressure air yang tinggi kotoran yang menempel pada bodi hilang seketika. Kerusakan mobil karena serangan tikus bisa menyebabkan kerugian .Foto: Rifkianto Nugroho
Jakarta -

Hewan kecil seperti tikus ternyata bisa menimbulkan kerugian besar pada pemilik mobil. Ini terjadi jika tikus masuk ke area mesin dan menggigit berbagai komponen kabel kelistrikan yang ada. Nah, jika sudah terlanjur kejadian, berapa ongkos perbaikannya?

Dijelaskan Service Manager Auto2000 Cilandak, Suparna, biasa servis mobil karena serangan tikus bervariasi tergantu jenis masalah yang dihadapi.

"Tergantung berapa banyak kerusakan akibat gigitan. Kalau hanya minor bisa saja kita ganti kabel yang rusak," terangnya kepada detikOto.

Namun jika gigitan tikus menyebabkan banyak kabel rusak, dijelaskan Parna tiddak ada cara lain selain mengganti wiring set. "Ini yang cukup mahal, bisa jutaan rupiah, bahkan belasan juta rupiah," sambungnya.

Nah, detikers nggak mau kan mengeluarkan uang segitu banyak hanya untuk memperbaiki kerusakan kabel gara-gara gigitan tikus? Maka itu rajin-rajinlah membersihkan mobil.

Suparna mengatakan memang agak sedikit merepotkan bila melakukan hal itu sendiri. Ia menyarankan agar mesin sesekali juga di salon untuk menjaga kebersihan. Tarifnya berkisar Rp 200 ribuan.

"Kalau tidak pernah di salon mesin, kemudian kotor banget, kadang kala ada ranting, dedaunan masuk ke dalam. Biasanya dari grille, kemudian tertiup ke ruang mesin, selain berbahaya berpotensi bisa terbakar. Kedua, tikus juga suka itu," tutur Suparna.

Suparna mengatakan dengan ruangan yang bersih dan segar tidak akan bisa menarik minat para tikus untuk bersarang.

Pencegahan lain yang juga bisa dilakukan adalah memperhatikan lingkungan kondisi parkir. Seperti yang dikemukakan Head Product Improvement/EDER Dept Technical Service Division PT Astra Daihatsu Motor Bambang Supriyadi.

Bambang menyarankan pemilik mobil tidak menyimpan kendaraaannya di tempat yang banyak sampah, seperti berdekatan dengan tempat sampah atau di lokasi yang terbuka, sebab hewan pengerat itu berpotensi masuk.

Nah Lho, Tikus Bisa Bikin Pemilik Mobil Rugi Belasan Juta Rupiah


Simak Video "Ini Dia Bisnis yang Bakal Untung di Tahun 2020"
[Gambas:Video 20detik]
(lua/din)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com