Kamis, 20 Feb 2020 10:38 WIB

Terpopuler: Sejarah RI Pakai Setir Kanan, Polisi Nyamar Jadi Ojol

Tim detikcom - detikOto
1
Halaman 1 dari 6
Mobil Esemka Bima 1.3 mengaspal di Kota Semarang. Mobil tersebut dimanfaatkan Pemerintah Kota Semarang untuk sarana prasarana dari Bus Rapid Transit (BRT) Trans Semarang. Ada dua mobil yang dibeli oleh Pemkot Semarang dan dimodifikasi dengan ditambah power steering serta tutup pada bagian bak terbukanya. Selain itu mobil bermesin 1.300 CC itu juga dimodifikasi mendukung Bahan Bakar Gas (BBG). Mobil di Indonesia menerapkan setir sebelah kanan. Foto: Angling Adhitya Purbaya
Jakarta -

Sepertinya banyak yang penasaran dengan alasan mengapa Indonesia menggunakan setir kanan dan berjalan dengan lalu lintas sebelah kiri. Ternyata, itu ada sejarahnya.

Memang, mayoritas negara di dunia menggunakan setir kiri dan melaju di jalan sebelah kanan. Namun, Indonesia menerapkan setir kanan dan berjalan di sisi kiri.

Kenapa beberapa negara seperti Indonesia menerapkan setir kanan dan berjalan di sebelah kiri?

Berita soal asal-muasal Indonesia pakai setir kanan menjadi berita populer otomotif pada Rabu (19/2/2020) kemarin. Berita populer lainnya ada kisah viral polisi yang menyamar menjadi ojol untuk menyetop pemotor, deretan selebritas yang dilarang beli Ferrari, sejarah mobil setir kanan dan setir kiri, hingga pemotor mencari jalan pintas melewati kuburan. Berikut ulasannya.

(rgr/din)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com