Kamis, 13 Feb 2020 19:48 WIB

10 Fakta Menarik Soal Esemka

Rizki Pratama - detikOto
esemka Esemka Foto: Fuad Hasim/Tim Infografis

1. Digunakan Jokowi Pertama Kali Tahun 2012

Sejak tahun 2012 nama Esemka mulai mencuat ke permukaan apalagi saat digunakan Walikota Surakarta Joko Widodo sebagai kendaraan dinasnya, popularitas Esemka terus melambung.

Berbagai siswa-siswa SMK dilibatkan dalam proyek ini. Hingga akhirnya akhir tahun 2012, Jokowi yang terpilih menjadi Gubernur DKI Jakarta pada periode itu juga menyebut mobil Esemka bakal kembali menemaninya dalam beraktivitas namun sampai saat ini tidak pernah terealisasi.

Pabrik EsemkaPabrik Esemka Foto: Ragil Ajiyanto

2. Pabrik Esemka Diresmkan Jokowi

PT Solo Manufaktur Kreasi (SMK) yang diketahui memproduksi merek Esemka merilis model perdananya pada Jumat (6/9/2019). Presiden Joko Widodo turut hadir untuk meresmikan pabrik PT SMK di Desa Demangan, Kecamatan Sambi, Kabupaten Boyolali.

Saat ini Esemka hanya memiliki satu pabrik yakni di kawasan Desa Demangan, Boyolali. Esemka menepis kabar memiliki pabrik di luar Boyolali, Jawa Tengah. Karena satu-satunya pabrik Esemka hanya berdiri di sana. PT SMK pun rela menggelontorkan hingga ratusan miliiar rupiah demi membangun pabrik Esemka di Indonesia itu.

"Total investasi mencapai Rp 600 miliar," kata Presiden Direktur PT Solo Manufaktur Kreasi (SMK) Eddy Wirajaya.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3 4 5 6
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com