Kamis, 06 Feb 2020 19:31 WIB

Cegah Pengendara Ngebut, Jepang Kembangkan Sistem Peringatan Suara

Luthfi Anshori - detikOto
Sistem peringatan suara di tol Jepang Jepang mengembangkan teknologi peringatan berbasis suara (Response)
Jakarta -

Pemerintah Jepang melalui NEXCO Central Japan mengembangkan sistem peringatan jalan bebas hambatan pertama menggunakan pengeras suara untuk mencegah kecelakaan lalu lintas.

Dilaporkan laman Response, sistem ini sudah diujicobakan di Tomei Expressway Yokohama Machida Interchange (IC). Di ruas tol yang turun dan menikung itu disebut sering terjadi kecelakaan lalu lintas karena kecepatan yang berlebihan, ditambah lalu lintas cukup padat.

Berbagai upaya pencegahan pun telah dilakukan sebelumnya seperti dengan pembuatan trotoar dan penambahan rambu-rambu, dan juga memberi lampu panduan di tembok. Namun kecelakaan masih tetap terjadi.

Karena cara-cara tersebut dianggap belum efektif, NEXCO Central Japan selaku pengelola jalan tol pun akhirnya membuat sistem peringatan baru, berupa peringatan suara dengan himbauan 'awas tikungan tajam ke depan'.

Uji coba sistem ini sudah dimulai sejak Agustus 2019 dan hasilnya diumumkan kemarin (5/2/2020). Hasil uji coba tersebut menunjukkan perubahan rata-rata kecepatan kendaraan sebelum dan setelah uji coba sistem tersebut. Kecepatan kendaraan menurun 4% atau 1,7 km/jam, dibandingkan sebelum pengoperasian sistem tersebut. Dan hasilnya tidak ada kecelakaan yang terjadi.

Sistem peringatan suara ini ke depannya akan dipromosikan supaya bisa digunakan lebih banyak di ruas-ruas jalan rawan kecelakaan. Sistem ini bermanfaat untuk mengingatkan pengendara agar tetap memperhatikan kecepatan kendaraannya, terutama di ruas jalan bebas hambatan yang rawan.



Simak Video "Segera Hadir Penghubung Jalan Baru di Aceh"
[Gambas:Video 20detik]
(lua/din)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com