Kamis, 23 Jan 2020 20:40 WIB

4 Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Kendaraan Tenggak B30

Luthfi Anshori - detikOto
Foto: Ari Saputra
Jakarta -

Pemerintah mulai mewajibkan pemakaian bahan bakar biodiesel B30, per Januari 2020. Dengan makin besarnya kandungan nabati dalam bahan bakar solar, maka perlu perhatian ekstra bagi para pemilik kendaraan yang menggunakan B30.

PT Hino Motors Sales Indonesia (HMSI) selaku agen pemegang merek truk dan bus Hino di Indonesia, memberi tips bagaimana merawat mesin yang menenggak B30. Apa saja?


Direktur Penjualan dan Promosi HMSI Santika Wardoyo mengatakan penggunaan B30 sebagai bahan bakar memiliki karakter yang berbeda. Oleh karena itu pemilik kendaraan perlu lebih rutin melakukan perawatan.

"Dengan penggunaan bahan bakar B30 diharapkan pengusaha maupun pengemudi truk melakukan kontrol dan perawatan lebih rutin. Ini dibutuhkan untuk mencegah atau meminimalisasi penyumbatan filter, sehingga kondisi kendaraan tetap terjaga dan bisnis dapat terus berjalan," bilang Direktur Penjualan dan Promosi HMSI Santika Wardoyo, di Jakarta, Kamis (23/1/2020).

Pertama adalah membersihkan tangki bahan bakar setiap 3 bulan sekali.

Kedua, mengganti pre fuel filter dan main fuel filter di 10.000 km secara berkala atau sesuai petunjuk buku service. Bukan tanpa sebab, biodiesel B30 ini memiliki kandungan solvent yang cukup tinggi sehingga mampu membuat mesin menjadi lebih bersih. Kabarnya, usia pakai filter bahan bakar alias filter Solar menjadi lebih pendek, akibat kotoran yang tersaring.


Ketiga, periksa kandungan air dalam filter sebelum menghidupkan mesin, seperti yang diketahui kandungan minyak nabati dalam B30 membuat sifat bahan bakar menjadi higroskopis alias menyerap air

Keempat, jika kendaraan tersebut tidak beroperasi lebih dari 3 bulan, pastikan bahan bakar diganti dengan yang baru sebelum kendaraan dioperasikan kembali.



Simak Video "Jokowi: B30 Bisa Hemat Devisa Rp 63 Triliun"
[Gambas:Video 20detik]
(lua/riar)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com