Sabtu, 18 Jan 2020 11:35 WIB

Terpopuler Sepekan: Studi Lampu Motor Siang Hari, Motor Listrik Tangerang

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Lampu motor Jokowi tak menyala yang dipermasalahkan mahasiswa. Foto: Ray Jordan
Jakarta - Berita terpopuler selama sepekan kemarin diisi oleh studi lampu motor menyala siang hari. Di beberapa negara, telah dilakukan studi terkait menyalakan lampu pada siang hari. Menyalakan lampu di siang hari terbukti bisa mengurangi kecelakaan.

Masalah aturan menyalakan lampu sepeda motor di siang hari menjadi perdebatan. Dua mahasiswa Universitas Kristen Indonesia (UKI) Eliadi Hulu dan Ruben Saputra keberatan dengan kewajiban menyalakan lampu sepeda motor pada siang hari. Keberatan itu dilayangkan ke Mahkamah Konstitusi (MK).



Buku World Report on Road Traffic Injury Prevention (2004) yang dirilis Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengutip beberapa penelitian di berbagai negara yang menyimpulkan bahwa menyalakan lampu sepeda motor di siang hari bisa menurunkan angka kecelakaan terkait masalah visibilitas.

Berita terpopuler lain selama sepekan kemarin ada mobil kotak Honda seharga Rp 170 jutaan yang laku keras di Jepang, motor listrik murah buatan Tangerang, Honda setop produksi Vario 110, hingga adu cepat tol layang Japek dengan tol di bawahnya. Berikut ulasannya.

Terpopuler Sepekan: Studi Lampu Motor Siang Hari, Motor Listrik Tangerang
Selanjutnya
Halaman
1 2 3 4 5 6
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com