Selasa, 07 Jan 2020 17:27 WIB

Fitur Mobil Desa yang Pikat Konglomerat Afrika

Ridwan Arifin - detikOto
Mobil Desa atau AMMDes bisa menjadi ambulans Foto: Dok. Kemenperin

AMMDes memiliki 2 fungsi, yaitu sebagai alat produksi untuk meningkatkan produktivitas pertanian di pedesaan dan memobilisasi hasil produksi di desa.

Dengan fungsi tersebut, AMMDes memiliki tiga tipe yaitu tipe fix bin dengan power take off (PTO) (mengambil tenaga dari sumber lain dan mentransmisikan energi tersebut untuk aplikasi lain), tipe fixed bin dengan ALSINTAN dan tipe flat deck atau passenger dengan PTO.


Sementara untuk unit AMMDes yang memiliki fasilitas PTO yang terintegrasi dapat diaplikasikan dengan pemecah gabah, pemutih padi, pompa irigasi, generator dan berbagi peralatan lainnya.

Sebelumnya bahkan belum diproduksi massal, bos PT Kiat Mahesa Wintor Indonesia, Sukiat kendaraan pedesaan sudah bisa dirasakan manfaatnya oleh korban gempa di Lombok dan Palu. Kendaraan pedesaan yang digarap PT Kiat Mahesa Wintor Indonesia dikirim 10 unit ke dua Lombok dan Palu.

Totalnya ada tiga jenis mobil desa yang dikirim ke wilayah yang terkena dampak bencana tersebut. Satu untuk menjernihkan air, satu berbentuk mobil bak terbuka untuk mengangkut barang dan sebagainya, satu lagi untuk penerangan.
Halaman
1 2 Tampilkan Semua

(riar/rgr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com