Selasa, 07 Jan 2020 17:27 WIB

Fitur Mobil Desa yang Pikat Konglomerat Afrika

Ridwan Arifin - detikOto
Mobil Desa atau AMMDes bisa menjadi ambulans Foto: Dok. Kemenperin Mobil Desa atau AMMDes bisa menjadi ambulans Foto: Dok. Kemenperin
Jakarta - Mobil desa alias Alat Mekanis Multiguna Pedesaan (AMMDes) memikat konglomerat asal Nigeria, Afrika. Disebutkan 10.000 unit mobil desa bakal diborong secara bertahap.

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita mengatakan konglomerat asal Afrika itu adalah Aliko Dangote, pengusaha asal Nigeria.

"Seorang bernama Dangote. Barangkali kalau tidak orang terkaya di Afrika tapi dia salah satu 5 besar terkaya di Afrika, asal Nigeria yang sangat minat untuk impor AMMDes ke Nigeria. Ini salah satu contoh," kata Agus di kantornya, Jakarta Selatan, Senin (6/1/2020).


Lebih lanjut Agus mengatakan beberapa kelebihan yang dimiliki mobil desa yang membuat Dangote terpincut, seperti membawa logistik di medan yang sulit ditempuh dan multi guna.

"Yang kedua itu adalah kendaraan itu multiguna, dan itu sangat tertarik dia karena banyak hasil-hasil bumi di sana yang tersebar. Nah ini perlu alat yang seperti (AMMDes) itu yang bisa dia mobile untuk melayani masyarakat yang agak luas. Nah ini kenapa dia sangat tertarik," tambahnya.

Seperti yang diketahui AMMdes sudah diperlihatkan dalam gelaran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2018.


Selanjutnya
Halaman
1 2
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com