Bus TransJakarta 70% Sudah Pakai Transmisi Matic

Rizki Pratama - detikOto
Jumat, 20 Des 2019 12:08 WIB
Foto: Dadan Kuswaraharja/detikOto
Jakarta - Transmisi otomatis akhir-akhir ini memang semakin diganderungi konsumen kendaraan pribadi karena lebih simpel dan nyaman. Selain kendaraan pribadi, kendaraan komersial seperti bus pun semakin banyak memilih konversi transmisinya ke otomatis karena akan memberikan kenyamanan lebih kepada penumpang.

Saat ini saja tanpa disadari sudah sekitar 70 persen armada TransJakarta mengaplikasikan transmisi otomatis. Girboks ini pun disuplai oleh salah satu manufaktur kenamaan dunia dari Jerman, yaitu ZF Aftermarket.

"Ada pergerakan transportasi publik yang signifikan yaitu TJ, boleh dibilang sekarang 70 persen armada Transjakarta itu ZF full otomatik," ujar Head of Service Business Development ZF Aftermarket Indonesia, Rizqi Zulqornain di Kota Kasablanka, Jakarta.



Penggunaan transmisi otomatis pada bus penumpang dapat menghilangkan jeda pergantian transmisi manual yang biasanya membuat sedikit ayunan pada penumpang di kabin. Dengan transmisi otomatis, saat akselerasi dan deselerasi akan terasa lebih halus.

"Dengan transmisi itu penumpang lebih nyaman dan kendali operasional lebih terjaga," tambah Rizqi.



Simak Video "Sederet Fakta Heboh Bus TransJakarta Berhenti Mendadak di Rel Kereta "
[Gambas:Video 20detik]