Rabu, 18 Des 2019 18:53 WIB

Tol Layang Japek Beroperasi, Truk Setuju Dibatasi saat Nataru?

Ridwan Arifin - detikOto
Foto: Imam Suripto/detikcom
Jakarta - Kementerian Perhubungan mengantisipasi kemacetan lalu lintas selama momen liburan Natal dan Tahun Baru dengan melakukan pembatasan truk melintas. Hal ini yang tertuang dalam Peraturan Menteri no 72 tahun 2019 tentang peraturan lalu lintas operasional mobil barang selama masa angkutan natal dan tahun baru 2020.

Larangan operasional truk berlaku untuk mobil barang dengan jumlah berat yang diizinkan (JBI) lebih dari 14.000 kg. Lalu, mobil barang dengan sumbu tiga atau lebih, hingga mobil barang dengan kereta tempelan atau kereta gandengan.

Serta, mobil barang yang digunakan untuk mengangkut bahan galian meliputi tanah, pasir, batu, bahan tambang batu bara, bahan bahan bangunan meliputi besi/logam, semen dan kayu.



Wakil Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Truk Indonesia (Aptrindo) Kyatmaja Lookman menyayangkan dengan adanya peraturan tersebut. Sebab saat ini tol layang Jakarta-Cikampek (Japek) sudah mulai beroperasi untuk kendaraan golongan I non bus dan non truk.

"Kurang setuju ya (pembatasan truk-Red), Japek elevated kan sudah selesai. Baiknya nggak dilarang," kata Kyatmaja kepada detikcom, Rabu (18/12/2019).

Pembatasan truk angkutan barang ini akan dilaksanakan secara bertahap mulai tanggal 20-21 Desember, 25 Desember, dan 31 Desember hingga 1 Januari 2020.



Namun, khusus kendaraan yang mengangkut kebutuhan pokok seperti air, Bahan Bakar Minyak (BBM) dan ekspor impor ternak, masih diperbolehkan melintas.

Kendati demikian, Kyatmaja menyebut dengan keluarnya pembatasan truk tersebut dirasa tidak mengganggu banyak keberlangsungan usaha pengusaha truk.

"Tidak terlalu impact ya karena tidak satu blok larangan seperti biasanya," ujar Kyatmaja.

Simak Video "Tol Japek Padat, Polisi Perpanjang Contraflow Hingga Km 65"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com