Rabu, 18 Des 2019 11:37 WIB

Aspal Tak Rata, saat Hujan Tol Layang Japek Digenangi Air

Rizki Pratama - detikOto
Saat Jalan Tol Japek berlubang Foto: Agung Pambudhy
Jakarta - Sudah barang pasti ketika hujan turun akan mengisi cekungan yang ada di jalan yang tidak rata. Hal ini ternyata juga ditemui di jalan tol layang Jakarta-Cikampek (Japek) saat hujan.

Genangan air ini ditemui langsung oleh detikcom di hampir sepanjang ruas tol layang Japek saat mengujinya di hari Selasa (17/12/2019) kemarin. Hujan turun ketika melewati tol layang Japek dari arah Karawang menuju Jakarta.



Cekungan yang menyebabkan jalan tak rata ini pun menampung air hujan.Tentunya kondisi ini akan semakin meningkatkan resiko keselamatan berkendara. Di samping aspal yang tak rata dapat pula berpotensi menimbulkan aquaplaning. Untuk meminimalisir resiko, ada baiknya menjaga batas kecepatan di 60-80 kpj.

Tol JapekTol Japek Foto: Agung Pambudhy


Sementara itu untuk jarak pandang jelas mengalami penurunan akibat cuaca lebih gelap dan mendung. Ditambah lagi struktur jalan yang melengkung naik dan turun menyebabkan pada titik tertentu kendaraan di depan atau belakang tak terlihat melalui indera penglihatan manusia.



Pada kesempatan kali ini detikcom kebetulan mendapatkan pengalaman melaju di atas tol layang Japek pulang pergi. Saat berangkat masih dalam kondisi kering dan pulang dalam keadaan basah.

Selama perjalanan tampak sudah cukup banyak kendaraan yang melintas namun tetap lancar. Tentunya mobil yang lewat hanya yang tingginya tak lebih dari 2,1 meter.

Simak Video "Minggu Pagi, Lalin di Tol Jakarta-Cikampek Ramai Lancar"
[Gambas:Video 20detik]
(rip/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com