Senin, 16 Des 2019 14:04 WIB

Tol Layang Japek Dibuka, Truk Bahagia di Bawah

Ridwan Arifin - detikOto
Foto: Soraya Novika
Jakarta - Tol Jakarta-Cikampek II (Elevated) atau Tol Japek Layang resmi beroperasi pada 15 Desember 2019. Saat ini kendaraan golongan 1 non-bus saja yang boleh melintas. Artinya, bus dan truk tak bisa melintas Tol Japek Layang.

Wakil Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Truk Indonesia (Aptrindo) Kyatmaja Lookman mengatakan pihaknya setuju dengan pembatasan golongan kendaraan.



Pertama alasannya karena tarif, tol sepanjang 36,4 km ini memang masih gratis hingga akhir tahun 2020. Tapi disebutkan nantinya akan dikenakan tarif.

"Setuju karena itu berbayar juga ya, lewat atas 36 km x Rp 1.250 = Rp 45 ribu," buka Kyatmaja kepada detikcom melalui pesan singkat, Senin (16/12/2019). Itu baru perhitungan kasar, belum ada tarif resmi yang dikeluarkan untuk lewat tol ini.



Kyatmaja melanjutkan dari segi aspek keamanan juga tidak memungkinkan untuk truk besar melewati, khususnya yang bersifat darurat. Sebab akses keluar tol Japek II hanya tersedia di setiap ujungnya.

"Exit-nya (pintu keluar) jauh, takut kalau ada masalah repot evakuasinya. Kemudian kalau ada kecelakaan parah, truk jatuh nanti malah repot. Kita bahagia di bawah," jelas Kyatmaja.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Antrean di Gerbang Tol Cikampek Arah Jakarta Mulai Ramai Sore Ini"
[Gambas:Video 20detik]
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com