Jumat, 13 Des 2019 16:25 WIB

Anies Ingin Jakarta Jadi Role Model Kendaraan Listrik

Luthfi Anshori - detikOto
Anies Baswedan saat menghadiri peresmian klub mobil listrik Tesla Foto: Rizki Pratama/detikOto
Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan berharap kota yang dipimpinnya menjadi kota percontohan tumbuhnya ekosistem kendaraan ramah lingkungan. Anies juga menekankan posisi Jakarta sebagai kota megapolitan terbesar di bagian selatan dunia.

"Kita berharap nantinya Jakarta bisa jadi contoh (penerapan kendaraan listrik-Red). Untuk catatan, Jakarta ini kota terbesar di belahan Selatan dunia. Kita ini the biggest megapolitan di sisi selatan dunia," tegas Anies, saat memberi sambutan di acara peresmian komunitas Tesla Club Indonesia, di La Moda, Plaza Indonesia, Jakarta, Kamis (12/12/2019).


Selain memegang status sebagai kota terbesar di Selatan dunia, Anies juga menegaskan Jakarta sebagai kota dengan perekonomian terbesar di Indonesia. Maka itu sudah selayaknya kendaraan ramah lingkungan banyak digunakan di sini.

"Karena populasi di Jakarta cukup besar, daya beli cukup tinggi, perekonomian kita (DKI) 18 persen dari perekonomian Indonesia. (Maka itu) di tempat ini harus bisa menjadi contoh di dalam penggunaan kendaraan berbasis listrik," lanjut Anies.


Sebelumnya Anies juga mengatakan akan mengeluarkan sejumlah kebijakan yang pro terhadap kendaraan listrik guna mendorong ekosistemnya.

Kebijakan tersebut antara lain, tarif BBN-KB nol persen, tarif PKB dengan diskon 50 persen, dan terakhir adalah insentif parkir untuk kendaraan listrik.

Simak Video "Bubarkan Diri, Massa Kontra Anies Dikawal Polisi"
[Gambas:Video 20detik]
(lua/riar)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com