Kamis, 12 Des 2019 14:53 WIB

Tol Layang Japek Meliuk dan Bergelombang, Pengamat: Masih Aman

Ridwan Arifin - detikOto
Foto: Jalan Tol Jakarta-Cikampek Layang (Soraya Novika/detikcom)
Jakarta - Jalan Tol Layang Jakarta-Cikampek atau Japek II Elevated sepanjang 36,4 km bisa dipakai saat lmomen ibur Natal dan Tahun Baru (Nataru). Sebelum diresmikan, Japek II Elevated ramai diperbincangkan. Sebab tampak permukaan jalan tol yang meliuk-liuk dan bergelombang.

Akademisi Prodi Teknik Sipil Unika Soegijapranata dan Ketua Bidang Advokasi dan Kemasyarakatan MTI Pusat Djoko Setijowarno menjelaskan bahwa kriteria desain yang menjadi acuan konstruksi yang dibangun dan dipastikan aman untuk dilalui kendaraan.


"Informasi dari penyelenggara tol, yakni PT Jasa Marga untuk allignment vertical memang tidak dibuat lurus, agak bergelombang bila dilihat dari kejauhan. Hal ini dirancang untuk menghemat biaya konstruksi, namun masih mematuhi norma atau aturan pedoman membangun jalan yang berkeselamatan," kata Djoko dalam keterangan resmi yang diterima detikcom, Kamis (12/12/2019).

"Di area jembatan penyeberangan orang (JPO) atau overpass, maka elevated naik lebih tinggi. Terus akan kembali lagi ke elevasi normal. Karena banyaknya alignment vertical, maka jadinya naik turun. Jika difoto-foto memang kesannya meliuk-liuk, padahal tetap aman," jelasnya.



Jalan Tol Layang Japek dikerjakan oleh kontraktor PT Waskita Karya (Persero) Tbk. Terkait jalan yang meliuk-liuk dan bergelombang, pihak PT Waskita Karya (Persero) Tbk sebelumnya sudah buka suara.

"Kriteria desainnya direncanakan untuk kecepatan kendaraan maksimal 80 km per jam, dengan jarak pandang 110 meter yang dituangkan dalam parameter alignment vertikal dan horizontal yang mengadopsi standar ukuran jari-jari tikungan, panjang lengkung, kelandaian maksimum dan lain-lain yang sifatnya teknis," jelas Fathur Rozaq Project Manager Japek II Elevated PT Waskita Karya dalam keterangan resmi, Kamis (12/11/2019).

Simak Video "Minggu Pagi, Lalin di Tol Jakarta-Cikampek Ramai Lancar"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com