Keluarga Kusmajadi

Mau Keliling Indonesia Naik Kendaraan, Ini Tips ala Keluarga Kusmajadi

M Luthfi Andika, M Luthfi Andika - detikOto
Rabu, 11 Des 2019 15:07 WIB
Foto: Instagram @keluarga.kusmajadi


Selain itu, Abah Dodi menjelaskan kalau perjalanan menggunakan kendaraan sudah pasti kendaraan harus prima.

"Mobil harus prima dan pilihlah mobil yang banyak bengkel resminya. Jadi bila terjadi sesuatu bisa langsung ke bengkel resmi, sehingga bisa lebih merasa aman. Tidak lupa asuransi juga harus punya, baik asuransi kendaraan, asuransi diri dan asuransi jiwa," kata Abah.



"Selain itu, dalam perjalanan pastikan terus membangun komunikasi dengan siapa saja selama perjalanan. Serta harus membaur dengan masyarakat setempat dan berinteraksi dengan semuanya. Karena akan mempermudah perjalanan," kata Ambu Melati.

Lain lagi menurut Nara Sabiya Putri Kusmajadi (14). Selain itu semua, saat keliling Indonesia menggunakan kendaraan harus 'Be Flexible'. Karena selama perjalanan apa saja bisa terjadi.

Keluarga KusmajadiKeluarga Kusmajadi Foto: Instagram @keluarga.kusmajadi


"Be Flexible, karena tiba-tiba kita tidak bisa menyeberang karena cuaca, dan tidak sesuai rencana, ya kita melakukan hal lain agar tidak stress. Selain itu kita juga harus waspada, misalnya seperti saat kami di Kanjang, waktu itu ada orang mabuk dan mengganggu, itu kita harus waspada," kata Sabiya.

"Selain itu harus kuat, karena bisa saja kita harus berjalan berjam-jam, jangan terlalu berharap besar pada mobil. Karena ada beberapa wilayah yang memang tidak bisa ditempuh dengan mobil. Tidak lupa untuk terus harus Respect, seperti ada di satu wilayah Indonesia budayanya harus berjalan tanpa alas kaki, ya sudah kita nyeker semuanya," ujar Sabiya.

[Gambas:Youtube]

Halaman

(lth/rgr)