Rabu, 11 Des 2019 15:07 WIB

Keluarga Kusmajadi

Mau Keliling Indonesia Naik Kendaraan, Ini Tips ala Keluarga Kusmajadi

M Luthfi Andika, M Luthfi Andika - detikOto
Foto: Instagram @keluarga.kusmajadi
Jakarta - Keliling Indonesia dengan kendaraan seperti mobil memang bisa dikatakan nekat. Karena selain memakan waktu yang cukup lama, biaya yang tidak murah, kesiapan mental jadi catatan tersendiri. Namun di balik itu semua, ada hal yang tidak bisa dilupakan dan menjadi pelajaran berharga.

Nah bagi detikers yang ingin keliling Indonesia mengendarai mobil seperti yang dilakoni keluarga Kusmajadi di antaranya Abah Dodi Kusmajadi (47), Ambu Melati Muslaela Puteri (43), Abang Abdul Hakim Putra Kusmajadi (16) dan Dek Nara Sabiya Putri Kusmajadi (14), ada tips berharga yang bisa diikuti, saat ingin keliling Indonesia dengan mobil.



"Kalau saya bilang, tips untuk melakukan perjalanan seperti ini, yaitu harus 'Strong Why'-nya, Kalau boleh jujur kita sering memikirkan, Ayo kita balik kanan aja, pulang ke rumah dan melakukan aktivitas seperti biasanya. Karena mungkin satu bulan masih oke, tapi setelah satu bulan pasti akan terasa berat. Tapi ya dinikmati aja. Nah di situlah 'Strong Why' atau kenapa kita melakukan perjalanan ini, jadi kita semangat lagi untuk meneruskan perjalanan" ujar Abah Dodi.

Keluarga KusmajadiKeluarga Kusmajadi Foto: Instagram @keluarga.kusmajadi


Tips keliling Indonesia selanjutnya, pastikan atur keuangan dengan ketat agar perjalanan bisa sesuai dengan rencana.

"Atur keuangan sampai detail, apa saja yang harus dilakukan, apa saja yang harus dikeluarkan. Jadi apa saja yang harus dilakukan misalnya di mobil kami kan ada kompor, kalau kita sudah terlalu banyak makan di luar, ya kita makan di dalam mobil saja, masak sendiri. Misalnya pagi makan telur dadar, siangnya makan telur ceplok, dan malam nasi goreng tetap pakai telur," canda Ambu Melati.

[Gambas:Instagram]



Selanjutnya
Halaman
1 2
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com