Jumat, 06 Des 2019 08:44 WIB

Mantap! Tahun Depan PLN Bakal Bangun 168 SPKLU

Luthfi Anshori - detikOto
SPKLU Foto: Istimewa/PLN
Jakarta - Perusahaan Listrik Negara (PLN) akan membangun ratusan titik pengisian daya kendaraan listrik. Targetnya, pada 2020 akan ada 168 Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) yang tersebar di 12 kota. Dan tidak hanya di Jawa dan Bali.



Dijelaskan Vice President of Technology Development and Standarization PLN, Zainal Arifin, SPKLU ini akan dibangun sendiri oleh PLN dengan melibatkan partner sebagai penyedia charger.

Ilustrasi SPKLU PLNIlustrasi SPKLU PLN Foto: Rifkianto Nugroho


"Ada beberapa pemain lokal yang sudah siap. Ada Opintech, Powerindo, sebagai contoh. Dan mereka sudah pasang di DKI Jakarta. Jadi bukan hanya merek luar kayak ABB, kita juga meng-encourage lokal supaya lebih banyak digunakan," terang Zainal.



Lanjut Zainal, tahun depan menjadi tahun paling kritis. Karena sudah mulai masuk tahap komersialisasi charger. Jadi charger tidak gratis lagi dan sudah ditarif sesuai ketentuan pemerintah.

"Kita akan lihat tahun depan, termasuk apakah sesuai dengan ekspektasi kita. Ataukah tidak. Kalau kita lihat dari kita buat charger-nya dan perkembangan EV tidak sesuai harapan, ya kita mungkin akan me-review lagi roadmap kita tentang berapa infrastruktur yang akan kita bangun," ujar Zainal.

Simak Video "PLN Pantau Banjir, Sejumlah Gardu Listrik Masih Padam"
[Gambas:Video 20detik]
(lua/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com