Kamis, 28 Nov 2019 17:36 WIB

Kecelakaan Lalu Lintas Bikin Miskin

Ridwan Arifin - detikOto
Ilustrasi kecelakaan Foto: Edi Wahyono
Jakarta - Tidak ada yang bisa menebak kapan musibah kecelakaan lalu lintas dapat terjadi. Siapa pun dapat menjadi korban, keluarga juga merasakan langsung dampaknya.

Mengutip dari data Bank Dunia menyebutkan lebih dari 1 juta orang meninggal setiap tahunnya dalam kecelakaan jalan di seluruh dunia. Angka tersebut belum yang mengalami cacat dan luka-luka.

World Health Organization (WHO) bahkan menyatakan kecelakaan jalan turut menyumbang 10 besar penyumbang angka kematian. Bila tanpa perbaikan, kematian karena kecelakaan di jalan diprediksi masuk dalam daftar 5 besar di tahun 2030.



Kecelakaan tidak hanya mendatangkan risiko meninggal dunia dan luka berat. Tetapi juga menimbulkan dampak yang merugikan bagi keluarga.

Mengapa demikian? Sebab angka kecelakaan tertinggi masih berada di usia produktif di mana sebagian besar juga merupakan tulang punggung ekonomi keluarga.

"Korban kecelakaan usia produktif (15 - 45 tahun) kian bertambah. Publik dapat mudah dan murah mendapatkan sepeda motor. Sementara layanan angkutan umum kian memburuk. Institusi yang mengurus keselamatan transportasi kurang bertaji, karena statusnya," ujar Pengamat Transportasi Djoko Setijowarno.

Kecelakaan Lalu Lintas Bikin Miskin

Selanjutnya
Halaman
1 2
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com