Kamis, 14 Nov 2019 07:56 WIB

Bukan Aspal, Jalan ini Dibuat dari Panel Surya dan Bisa Cas Mobil Listrik

Rizki Pratama - detikOto
Foto: Pool (autoblog) Foto: Pool (autoblog)
Jakarta - Selain aspal dan beton ternyata ada solusi lain yang dapat digunakan pada pembuatan infrastruktur jalanan. Sebuah perusahaan di Idaho, Amerika Serikat membuat terobosan berupa aplikasi panel surya sebagai permukaan jalan raya.

Tentunya panel surya yang digunakan tak sama dengan panel surya kebutuhan rumahan. Panel surya buatan Solar Roadways itu dibuat dari bahan tempered glass yang dapat menahan beban sebuah truk kecil.



Meski berbahan kaca, permukaan solar panel untuk jalan ini ternyata memiliki kemampuan traksi yang cukup baik untuk laju dan kendali kendaraan. Tidak hanya itu, jalan panel surya ini juga dapat memancarkan cahaya LED sehingga dapat dibentuk menjadi garis pembatas jalan dan sebagainya.

Kelebihan lain yang ditawarkan jalan panel surya ini adalah ketahanannya terhadap berbagai cuaca. Tidak seperti aspal yang dapat memuai di panas dan dapat mengatasi salju atau air yang tergenang di atasnya. Bisa dikatakan panel surya ini dapat menjaga kondisi permukaannya sebaik mungkin melewati berbagai kondisi.



Tak sampai di situ, kehebatan lainnya yaitu jalan ini tidak dapat berlubang seperti aspal dan beton. Untuk perawatannya, jalanan ini dibangun secara modular agar dapat dengan mudah ditangani, Tentunya sebagai penyerap energi matahari keunggulan yang sudah pasti dimiliki jalan ini adalah dapat mengisi daya kendaraan mobil listrik.

Untuk saat ini perusahaan tersebut sedang fokus membuat permukaan jalan panel surya dan permintaan di lahan parkir. Ke depannya pun tak menutup kemungkinan jalan panel surya digunakan di jalur bebas hambatan.

Simak Video "Masih Terbatas, Mitra Terbaik Bisa Kemudikan Kendaraan Listrik Grab"
[Gambas:Video 20detik]
(rip/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com