Rabu, 13 Nov 2019 15:49 WIB

Makin Ngetren, Ini Poin Keselamatan Naik Skuter Listrik

Ridwan Arifin - detikOto
Skuter listrik dilarang melintasi JPO Foto: Rifkianto Nugroho
Jakarta - Ramainya penggunaan otopet listrik atau lebih dikenal e-scooter (skuter listrik) di wilayah Jakarta menjadi perhatian khusus. Penggunaan alat tersebut kini telah memakan korban jiwa. Dua orang pengguna skuter listrik meninggal karena kecelakaan di Senayan.

Dengan bentuknya yang unik, GrabWheels merupakan skuter listrik yang diperuntukkan menjangkau lokasi yang dekat tanpa perlu menggunakan motor atau mobil.


Namun Instruktur Rifat Drive Labs, Andry Berlianto menyebutkan ada beberapa poin keselamatan penggunaan skuter listrik di jalan.

Foto: grab


"Budayakan membaca safety information atau safety brief dr petugas (jika ada) sesaat sebelum menggunakan jasa sewa skuter listrik," buka Andry kepada detikcom, Rabu (13/11/2019).

Andry menambahkan penggunaan skuter listrik hampir sama dengan mengendarai sepeda motor. Kendati harus melewati di jalur sepeda, perlu kehati-hatian saat di jalan raya.

Pengguna perlu helm, pelindung lutut dan siku serta sarung tangan, untuk mencegah cedera bila terjadi kecelakaan di jalan raya.

"Kenakan selalu perangkat keselamatan seperti helm layaknya kita bermotor. Karena skuter listrik ini sudah masuk ke dalam kendaraan bermotor," ungkap Andry.

Selanjutnya
Halaman
1 2
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com