Kamis, 17 Okt 2019 16:22 WIB

Kendaraan Listrik Jangan Bergantung pada Impor

Ridwan Arifin - detikOto
Konvoi kendaraan elektrifikasi membelah jalanan Jakarta beberapa waktu lalu Foto: Pradita Utama Konvoi kendaraan elektrifikasi membelah jalanan Jakarta beberapa waktu lalu Foto: Pradita Utama
Jakarta - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman, Luhut Binsar Pandjaitan meminta agar ekosistem kendaraan listrik segera terealisasi. Polusi udara mulai mengkhawatirkan.

"Kalau kita tidak kita bereskan masalah lingkungan ini dengan polusi yang sekarang ini. Bagaimana dampaknya pada keturunan kita yang akan datang anak cucu kita. Polusi ini adalah musuh bersama," ujar Luhut di Jakarta.



Kata Luhut, langkah tercepat mengurangi polusi dari kendaraan bermotor adalah dengan memakai kendaraan listrik. Ia menegaskan agar nantinya segala sesuatu yang diperlukan untuk penyediaan ekosistem kendaraan listrik di Indonesia jangan terlalu bergantung dengan importasi, karena Indonesia telah memiliki segala yang diperlukan

"Kita ini bukan akan impor semua ke depan, tetapi kita akan menjadi global player karena supply chain yang ada di Morowali dari mulai Nikel, Stainless Steel, Carbon steel, katoda, lithium baterai, sampai nanti kepada bikin body mobil, ban, karet kita ada semua terintegrasi," ucap Luhut.

Bicara industri lokal, hal senada juga turut disampaikan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) Mohamad Nasir, semakin ketatnya era ekonomi di masa mendatang, ia berharap Indonesia tidak hanya menjadi basis ladang impor kendaraan listrik.

"Jangan sampai berpikir kita selalu kalah dari produk asing, selalu yang dipilih adalah asing. Tidak pernah melihat dalam negeri ini menjadi sangat penting. Untuk itu kami mohon nanti semuanya menggunakan dalam negeri supaya nanti nilai tambah kita akan menjadi lebih tinggi," tuturnya.



"Karena era ekonomi ke depan daya saing semakin berat, maka lokal konten menjadi tuntutan utama mudah-mudahan sukses penerapan kendaraan bermotor listrik di Indonesia dengan dikeluarkannya Perpres mudah-mudahan ini bisa berjalan dengan baik," ujar Nasir.

Simak Video "Luhut ke PLN Soal SPLU: Jangan Jadi BUMN Sentris!"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com