Sabtu, 14 Sep 2019 08:14 WIB

Toyota Masih Akan Jual Innova Diesel di RI

Ridwan Arifin - detikOto
Foto: Toyota Astra Motor
Jakarta - PT Toyota Astra-Motor (TAM) mengatakan saat ini memastikan kendaraan bermesin diesel masih tetap dijual. Kendati mulai mengenalkan kendaraan yang lebih ramah lingkungan dan irit bahan bakar, yakni hybrid.

"Pada saat ini kami masih tetap jualan mesin diesel. Saya rasa permintaannya masih ada ya, tapi kami akan terus review," kata Direktur Pemasaran PT TAM Anton Jimmi di Jakarta.



Saat ini beberapa produk kendaraan penumpang Toyota yang masih memiliki pilihan mesin diesel adalah Innova, Venturer, Fortuner, dan Land Cruiser.

Kabarnya, seperti dikutip livemint Toyota Motor Corp menghentikan bakal menghentikan Innova diesel dan menggantikannya dengan model hybrid di pasar India. Tipe bensin tetap dijual, sementara peluncuran diperkirakan pada tahun 2021 atau 2022.

"Begitu hybrid membesar atau semakin banyak. Kami akan pelajari kira-kira diesel seperti apa," kata Anton.


Tak hanya India, seperti dicuplik Autonews, penjualan mesin bensin juga terus menurun. Namun di sisi lain, penjualan kendaraan berbahan bakar alternatif seperti gas, hibrida, hingga listrik juga meningkat menjadi lebih dari 35 persen. Kendaraan dengan bahan bakar alternatif menyumbang 5,2 persen dari total penjualan mobil di Eropa

"Karena contohnya di Eropa dengan penetrasi hybrid yang semakin banyak, memang di sana (diesel) ada penurunan. Tapi saya rasa Indonesia belum tentu karena situasinya berbeda dengan Eropa," kata Anton.



Simak Video "Alasan Toyota Recall Mobil Innova dan Fortuner"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com