Jumat, 06 Sep 2019 17:54 WIB

Diminta Jokowi, Penggagas Esemka Hadir di Peluncuran Mobil

Ridwan Arifin - detikOto
Peluncuran Esemka dihadiri penggagas Esemka Sukiat (paling kanan) Foto: Istimewa Peluncuran Esemka dihadiri penggagas Esemka Sukiat (paling kanan) Foto: Istimewa
Jakarta -
Presiden Jokowi mendatangi peluncuran mobil pikap Bima Esemka di Boyolali, Jumat (5/9/2019). Namun ternyata ia juga mengajak penggagas Esemka, Sukiat yang tidak lagi ikut dalam memproduksi mobil tersebut.

"Saya diminta Pak Jokowi, ditanya 'Pak Kiat hadir nggak nanti?', 'saya nggak ada undangannya', ya udah ayo berangkat sama saya," ujar Sukiat kepada detikcom, Jumat (5/9/2019).


Meski tidak lagi dilibatkan, Sukiat mengaku senang akhirnya mobil Esemka yang digadang-gadang sebagai mobil buatan dalam negeri akhirnya lahir ke permukaan.

Menurut Sukiat, dalam membuat mobil itu dilibatkan tiga pihak, ada inisiator, investor, dan industri yang memproduksinya. Sukiyat mengaku hanya sebagai inisiator, soal investor dan industri yang memproduksi mobil dia tidak mengetahuinya.


Sukiat tidak mempermasalahkan kalau ia tidak dilibatkan dalam proyek mobil Esemka saat ini. Ia pun mempersilakan kepada industri untuk memproduksi mobil tersebut.

"Tidak (diajak gabung Esemka), saya tetap inisiator. Tapi tadi karena saya harus berjiwa besar, inisiator biar itu diproduksi oleh anak bangsa. Saya bukan apa yang kudapat tapi apa yang saya persembahkan kepada negara," ujar Sukiat.

"Kalau tidak membuat jalan raya, buatlah jalan setapak namun jalan setapak menuju mata air, berjiwa besar," tutur Sukiat.

"Supaya maju, Indonesia punya kebanggaan, bisa memproduksi mobil, kurang sana-sini dari awal, supaya nanti menjadi besar. Kalau tidak sekarang kapan lagi," tambahnya.

Simak Video "Ramai di Medsos Prabowo Jajal Esemka"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com