Selasa, 03 Sep 2019 19:24 WIB

Daerah yang Belum Tersentuh BBM, Sekalian Saja Diberi Kendaraan Listrik

Ridwan Arifin - detikOto
Presiden Joko Widodo saat naik motor listrik di Asmat, Papua Foto: dok. Biro Pers Setpres
Jakarta - Daerah yang sulit mendapatkan pasokan BBM (Bahan Bakar Minyak) sebaiknya langsung beralih menggunakan kendaraan listrik.

Pengamat Transportasi dari Akademisi Prodi Teknik Sipil Unika Soegijapranata dan Ketua Bidang Advokasi dan Kemasyarakatan MTI Pusat, Djoko Setijowarno menyebut hal itu bisa jadi upaya memasyarakatkan kendaraan listrik.

"Kebijakan pemerintah juga harus mencakup aspek penghematan pemakaian bahan bakar minyak (BBM). Daerah-daerah di Indonesia yang selama ini sulit mendapatkan BBM seharusnya didorong sekalian untuk langsung memanfaatkan listrik sebagai energi penggerak kendaraan di daerah tersebut," kata Djoko melalui keterangan resminya.



Ia mencontohkan kendaraan listrik di Kabupaten Asmat menjadi salah satu daerah terpencil yang dapat memenuhi transportasi kendaraan listrik.

"Penggunaan kendaraan elektrik seperti itu sudah dilakukan di Asmat, Papua," kata Djoko.

Bahkan mencuplik dari Data Dinas Perhubungan Kabupaten Asmat populasi motor listrik di wilayah tersebut sudah mencapai ribuan unit.
Hingga November 2018 tercatat 3.154 kendaraan listrik. Terbanyak sepeda motor listrik 3.067 unit.



"Penggunaan kendaraan elektrik seperti itu sudah dilakukan di Asmat, Papua. Gugusan pulau-pulau kecil atau daerah kepulauan, kawasan pariwisata dapat didorong. Seperti kawasan wisata Pulau Gili Trawangan di Lombok, tidak mengijinkan kendaraan bermotor beroperasi, sepeda listrik boleh dipakai. Wilayah pulau-pulau kecil, daerah terdepan dan terpencil, didorong pemakaian kendaraan bermotor listrik," jelas Djoko.

Simak Video "Uniknya Motor Listrik, Surabaya"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com