Jumat, 30 Agu 2019 14:14 WIB

Ada Bus Listrik, Bagaimana Nasib Bus TransJakarta BBG?

Luthfi Anshori - detikOto
Foto: Pradita Utama Foto: Pradita Utama
Jakarta - Perpres Nomor 55 Tahun 2019 tentang Percepatan Program Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai untuk Transportasi Jalan, tidak hanya mengatur kendaraan roda empat dan roda dua listrik. Lebih penting lagi, juga akan mendorong pengembangan kendaraan angkutan umum listrik berbasis baterai.

PT Transportasi Jakarta menjadi salah satu perusahaan bus yang menyambut positif Perpres tersebut. Bahkan sejak Mei lalu, perusahaan pelat merah tersebut telah menguji bus listrik BYD untuk digunakan di sekitar kawasan wisata dan jalan raya. TransJakarta berminat menambah lagi unit bus listrik untuk tes jalan, sehingga jumlahnya menjadi 10 unit pada 2020 nanti.
TransJakarta listrik di Car Free DayTransJakarta listrik di Car Free Day Foto: Grandyos Zafna

Sebelum menjajaki pengoperasian bus listrik, TransJakarta sebenarnya sudah memiliki lini bus ramah lingkungan dalam wujud TransJakarta BBG (Bahan Bakar Gas).

Lalu dengan adanya kewajiban menggunakan bus listrik, apakah nantinya bus TransJakarta BBG akan disuntik mati?

"Pertama kita lihat di aturannya (Perpres) kendaraan listrik berbasis baterai, itu artinya visi pemerintah ke sana, kita jalani. Soal bus BBG, tetap berjalan," kata Direktur Utama PT Transportasi Jakarta Agung Wicaksono, di Jakarta.



PT Transportasi Jakarta sendiri saat ini mengoperasikan total kurang lebih 3.075 bus berbagai ukuran. Dari sekian banyak jumlah tersebut, TransJakarta memiliki sekitar 300 armada bus berbahan bakar gas. Bus-bus tersebut dilayani oleh 3 Stasiun Pengisian Bahan Bakar Gas (SPBG) yang ada di Jakarta dan sekitarnya.

Kendaraan berbahan bakar gas sendiri memang jadi salah satu alternatif untuk menekan emisi gas buang kendaraan bermotor. Belakangan, kendaraan bermotor berbasis bahan bakar gas tidak hanya familiar di armada bus TransJakarta, tapi juga sudah dipakai di armada bus BRT TransSemarang, bahkan juga dipakai di angkutan umum roda tiga.



Simak Video "Bus TransJakarta Ringsek Usai Tabrak Separator di Jalan S Parman"
[Gambas:Video 20detik]
(lua/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com