Senin, 26 Agu 2019 08:01 WIB

Berita Populer: Mobil Jerman untuk RI1, Pelat Nomor 'RF'

Rangga Rahadiansyah - detikOto
2 Mobil Jerman Setia Temani Presiden Indonesia
Halaman 2 dari 6
Foto: Ari Saputra

Presiden Indonesia pertama, Sukarno pernah menggunakan Mercedes-Benz 600 sebagai kendaraan dinas. Tapi itu bukan satu-satunya mobil dinas yang digunakan Sukarno. Selain Mercedes-Benz 600, Sukarno juga sempat menunggangi mobil-mobil Amerika seperti Chyrsler Crown, Cadillac 75, Lincoln Cosmopolitan, juga mobil GAZ 13 pemberian Uni Soviet.

Era Sukarno usai beralih ke masa kepemimpinan Soeharto. Mobil dinas pun ikut berganti. Namun Soeharto tetap mempercayakan kendaraan dinasnya pada Mercedes-Benz 500 SEL Limousine.

Kemudian pada tahun 1995 Soeharto mengganti mobil dinasnya namun masih menggunakan Mercy. Adalah Mercedez-Benz S 600 keluaran tahun 1994.

Setelah era Soeharto lengser, mobil ini menjadi warisan bagi Presiden BJ Habibie, Gus Dur, Megawati, bahkan sampai Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

Mercedes-Benz masih menjadi pilihan utama ketika SBY memimpin di periode kedua. Tahun 2008 pemerintah mempercayakan Mercedes-Benz S 600 Guard untuk ditunggangi SBY.

Mobil kepresidenan SBY itu kemudian digunakan oleh Joko Widodo kala terpilih menjadi Presiden RI periode 2014-2019. Hingga akhirnya mobil yang sering mengalami masalah itu harus diganti dengan yang baru. Jokowi akan menggunakan mobil kepresidenan baru yang juga masih keluaran pabrikan Jerman.

Mercedes-Benz S 600 Guard model terbaru kembali terpilih menjadi kendaraan dinas Jokowi di periode kedua kepemimpinannya. Dua unit Mercedes-Benz S 600 Guard dipilih langsung oleh pemerintah demi alasan keamanan orang nomor wahid di Tanah Air tersebut.

(rgr/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com