Selasa, 09 Jul 2019 09:40 WIB

Terminal Dibangkitkan Lagi, Agen Bus Pinggir Jalan Bakal Punah

Luthfi Anshori - detikOto
Terminal Bus. Foto: Rengga Sancaya Terminal Bus. Foto: Rengga Sancaya
Jakarta - Terminal penumpang Tipe A yang biasa menaikkan dan menurunkan penumpang bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) banyak statusnya terbengkalai. Kemenhub pun berencana melakukan revitalisasi terminal bus ini supaya transportasi darat kembali menjadi idaman masyarakat.

Selain melakukan perbaikan secara fisik terhadap terminalnya, beberapa regulasi pun akan dipertegas termasuk penertiban agen-agen bus yang berada di luar terminal. Agen bus secara tidak langsung membuat aktivitas di terminal berkurang karena penumpang tak perlu menuju terminal untuk menggunakan jasa transportasi. Oleh karena itu ekosistem ekonomi di terminal pun perlahan mati.



"Kan masing-masing PO (Perusahaan Otobus) punya agen di beberapa kota nih jadi kadang-kadang agen ini menjadi pengepul, satu agen mengepul beberapa bus. Penumpangnya nggak masuk terminal, agen kan pasti di pinggir jalan," kata Ditjen Perhubungan Darat, Budi Setiyadi saat ditemui detikcom di gedung Kemenhub, Jakarta Pusat, belum lama ini.

Terminal Dibangkitkan Lagi, Agen Bus Pinggir Jalan Bakal PunahFoto: Hary Lukita Wardani/detikcom


Langkah awal yang diterapkan untuk itu adalah memindahkan transaksi pembelian tiket dari uang fisik ke bentuk digital. Budi mengaku akan mencoba untuk memberikan kesempatan agen untuk mengais rezeki meskipun sebagian besar akan kehilangan mata pencahariannya.



"Sekarang kita lakukan semuanya akan kita arah menjadi e-money semuanya. Jadi orang bisa transaksi beli tiket dengan menggunakan uang elektronik. Jadi agen gimana caranya akan diganti dengan menggunakan e-ticketing tapi agen masih bisa hidup, tapi kayaknya mungkin pasti ada yang dikorbankan, mungkin bisa jadi berkurang atau sebagainya," papar Budi.

Budi berharap dengan renovasi terminal Tipe A ini dapat juga menumbuhkan perekonomian sekitar. Supaya ekositemnya tercipta, fasilitas terminal perlu ditingkatkan sehingga banyak masyarakat yang datang ke terminal.

"Kemudian di dalam konsep performance dari terminal itu sekarang kita coba make use artinya terminal itu tidak hanya untuk terminal saja, ada ekosistem bisnisnya, entertaint, lifestyle masyarakat, seperti di Lampung ada cafe di sana karena di sekitarnya mahasiswa," pungkas Budi.

Simak Video "Bus Terguling di Riau 6 Orang Tewas"
[Gambas:Video 20detik]
(rip/rgr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com