Senin, 08 Jul 2019 18:49 WIB

Ganti Warna Pelat lebih Cerah, Apa Tanggapan Kemenhub?

Ridwan Arifin - detikOto
ilustrasi Foto: Agung Pambudhy ilustrasi Foto: Agung Pambudhy
Jakarta - Warna dasar pelat nomor kendaraan rencananya akan diganti dari semula hitam menjadi putih. Sebaliknya, warna angka pada pelat nomor yang semula putih, akan diganti hitam.

Langkah itu merupakan wujud dari penerapan Electronic Traffic Law Enforcement (e-TLE) atau tilang dengan bukti pelanggaran yang terekam kamera CCTV. Dengan pelat nomor berlatar putih, nantinya kendaraan akan mudah teridentifikasi melalui kamera CCTV yang terpasang di jalan.



Menanggapi hal tersebut, Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan Budi Setyadi mendukung inovasi penegakan hukum yang lebih modern.

"Dulu waktu saya masih di Korlantas Polri memang pernah ada semacam ide gagasan. Kalau tidak salah, (semacam) kajian. Bahwa pelat nomor sekarang dengan berwarna dasar hitam kemudian tulisan putih itu kalau ditangkap di CCTV itu kabur," kata Budi saat berbincang bersama detikcom di kantornya.



Lebih lanjut Budi mengatakan bila warna pelat nomor kendaraan lebih cerah, setidaknya akan memudahkan CCTV yang dipasang polisi untuk mengawasi kondisi lalu lintas. Dan tentunya lebih mudah mendeteksi nomor kendaraan yang melakukan pelanggaran lalu lintas.

"Tapi intinya adalah identitas kendaraan termasuk di plat nomor itu harus mengantisipasi untuk penglihatan secara visual, (melihat normal) mata biasa, atau kemudian dengan pemberlakuan alat dengan adanya e-TLE tadi," ujar Budi.

Simak Video "Jurus Ilegal Anti Tilang Ganjil Genap"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com