Rabu, 03 Jul 2019 11:31 WIB

Ratusan Bus Listrik Akan Gantikan Bus Konvensional Transjakarta

Rizki Pratama - detikOto
Foto: Pradita Utama Foto: Pradita Utama
Jakarta - Setelah dideklarasikan sebagai kota dengan transportasi yang baik, Jakarta secara bersamaan juga menyumbang polusi kendaraan yang tinggi. Menjawab hal tersebut, Perum Pengangkutan Penumpang Djakarta (PPD) sebagai salah satu pihak yang mengoperasikan bus Transjakarta akan meremajakan bus konvensionalnya dengan bus listrik.

Berdasarkan ketentuannya, PPD memang diharuskan untuk melakukan peremajaan 102 unitnya pada tahun 2020. Peremajaan ini bertepatan dengan kerja sama PPD dengan PT Mobil Anak Bangsa yang telah menyepakati Nota Kesepahaman untuk Bus Listrik. Jika pada tahun 2020 mendatang peremajaan mulai dilakukan, tahun berikutnya bus listrik ini sudah harus beroperasi.



"2020 PPD harus sudah melakukan peremajaan terhadap 102 unit bus konvensional Transjakarta. 102 unit bus ini kalau kita melakukan peremajaan di 2020 berarti di 2021 sudah harus beroperasi," ujar Direktur Utama Perum PPD, Pande Putu Yasa dalam penandatanganan Nota Kesepahaman dengan PT MAB di Sudirman, Jakarta Selatan, Selasa (2/7/2019).

PPD sendiri sudah siap melakukan uji coba satu unit bus listrik PT MAB pada 18-21 Juli 2019 ini. Jika pengujian tersebut berhasil, PPD akan melakukan uji coba 3 unit di koridor Transjakarta pada bulan Oktober mendatang.



"Setelah ini masuk koridor tidak ada kendala berarti kita akan berbicara di tahun 2020," lanjut Putu.

Selain PPD, pada kesempatan itu PT Paiton Energy juga telah membeli satu unit bus listrik dari PT MAB. Dalam pembelian tersebut PT MAB juga menyediakan charging station 120 kW dan layanan purnajual selama 5 tahun.

Ratusan Bus Listrik Akan Gantikan Bus Konvensional Transjakarta


Simak Video "Bus Listrik Tranjakarta Mejeng di CFD"
[Gambas:Video 20detik]
(rip/rgr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com