Berita Populer: Mobil Yusril Ihza Mahendra hingga Pelawak Qomar

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Rabu, 26 Jun 2019 08:24 WIB
Berita Populer: Mobil Yusril Ihza Mahendra hingga Pelawak Qomar
Foto: Dok. Renault

Pasar mobil MPV (Multi Purpose Vehicle) bakal kedatangan satu lagi pemainnya, Renault Triber. Mobil akan menyaingi mobil Low MPV sampai LCGC seperti Avanza dan Calya.

"Kami masih menunggu (Triber) dan melihat memang segmen MPV paling dominan, 60 persen di MPV dengan MPV 7 seater adalah pasar yang besar. Kami baru melihat berita-berita (soal Triber) dan belum bisa komentar, nanti positioning-nya di level berapa, spek. Tapi hal ini baik-baik saja untuk pasar dan akan menambah pilihan konsumen," ujar Direktur Pemasaran PT Toyota-Astra Motor (TAM) Anton Jimmi Suwandy di Jakarta.

Anton menambahkan, setiap ada produk baru di pasar, selalu mendongkrak angka penjualan secara keseluruhan. Dia mencontohkan tahun 2018 pasar kembali bergairah setelah ada kelahiran produk-produk baru yang segar seperti Mitsubishi Xpander dan Toyota Rush.

"Jadi kelahiran produk baru seperti Xpander, Rush, sangat mendongkrak market. Tahun 2019 ini belum ada yang baru dan kuat, kami berharap ada dari Toyota atau brand lain yang bisa penetrasi lagi ke pasar," ujarnya.

Ditanya apakah ada strategi 'pertahanan' khusus menghadapi MPV dari Eropa itu Anton hanya menjawab diplomatis.

"Ya mungkin nggak seperti counter attack, pada prinsipnya produk line up Toyota sudah cukup lengkap dari Supra ke LCGC, kami harus membina supaya line up ini ada dan mengisi celah yang, dari waktu ke waktu kita reveiw, line up, kita jaga, after sales di diler. Beli mobil tidak hanya karena line up yang lengkap, tapi juga spare part dan layanan purna jualnya. Itu yang bikin Toyota kuat dari sisi pangsa pasarnya. Kami sangat pertimbangkan pelayanan, membantu line up yang lengkap," ujarnya.