Kamis, 13 Jun 2019 07:07 WIB

Tiket Pesawat Mahal, Orang Sumatera Pilih Mudik Pakai Bus Umum

Luthfi Anshori - detikOto
Pemudik menggunakan bus. Foto: Adhar Muttaqin Pemudik menggunakan bus. Foto: Adhar Muttaqin
Jakarta - Sejumlah moda transportasi massal mengklaim mengalami peningkatan penumpang selama periode mudik 2019. Data Kementerian Perhubungan, mencatat penumpang kereta api naik 9,4-9,5 persen, bus naik 10-15 persen, kapal naik 10-15 persen.

Berbeda dengan ketiga moda transportasi tersebut, transportasi udara justru mengalami penurunan tajam mencapai 15 persen. Salah satu faktor penyebabnya adalah karena harga tiket pesawat yang mahal.



Lalu kemanakah beralihnya penumpang pesawat tersebut?

Ketua Umum Ikatan Pengusaha Otobus Muda Indonesia (IPOMI), Kurnia Lesani Adnan mengatakan penumpang pesawat banyak yang beralih ke bus umum. Khususnya warga Pulau Sumatera yang ingin pulang ke kampung halaman.

"Betul, penumpang pesawat banyak beralih ke bus. Dari 15 persen kenaikan angka pemberangkatan bus, di wilayah Sumatera menjadi yang paling besar kenaikannya," terang Sani kepada detikcom.

Sani menjelaskan, di periode mudik 2018 lalu, pemberangkatan maksimal per PO Bus pada H-5, H-4, dan H-3 berkisar antara 12 sampai 15 bus.



"Tapi kalau (mudik 2019) kemarin, dari H-12 sampai ke H-10, bahkan ke H-3 H-2, itu flat, rata-rata 10 bus per hari, masing-masing PO lho ya. Ada beberapa PO, bus yang tujuan Bengkulu, Padang, Jambi, Pekanbaru, dan Palembang," kata Sani.

"Tapi pengguna kendaraan pribadi kan meningkatnya juga lumayan. Tujuan Sumsel (Sumatera Selatan) terutama ya, karena sudah ada tol sampai ke Terbanggi," terangnya.

"Sementara untuk lintas tengah Sumatera yang menuju ke Padang, Bengkulu, Lahat, dan Baturaja itu belum ada tolnya (jadi banyak yang naik bus)," pungkas Sani.



Simak Juga 'Heboh Tiket Pesawat Belasan Juta, Menhub: Semua Harus Introspeksi':

[Gambas:Video 20detik]

(lua/rgr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed