Rabu, 12 Jun 2019 13:24 WIB

Bus Masa Depan Besutan Scania

Ridwan Arifin - detikOto
Bus Scania NXT Foto: dok. Scania Bus Scania NXT Foto: dok. Scania
Jakarta - Pabrikan otomotif Scania AB mengenalkan konsep bus di masa depan yang dapat dilihat pada 10 - 12 Juni 2019 di KTT Angkutan Umum Global UITP, Stockholm, Swedia. Masa depan bus sebagai transportasi massal coba dituangkan Scania, lewat Scania NXT.

Secara teknis, bus ini menggunakan sumber tenaga dari baterai murni dan dapat melaju secara otonom. Tak hanya sebagai bus yang beroperasi untuk mengantarkan penumpang, di malam hari bus ini bisa beroperasi untuk membersihkan jalan dan mengantarkan barang.



Ini terdengar mirip dengan konsep Mercedes Urbanetic atau Rinspeed Snap, yang disajikan tahun lalu.

Tetapi ada satu perbedaan besar pada mobil konsep Scania: Bila unit drive membentuk platform yang kaku pada model lain, modul drive depan dan belakang pada NXT tidak terhubung. Sehingga memungkinkan untuk sebuah modul, namun berbeda wheelbase dioperasikan.

Scania NXTScania NXT Foto: dok. Scania


"NXT merupakan visi masa depan untuk transportasi perkotaan. Beberapa dari teknologi belum sepenuhnya matang tapi bagi kami adalah penting untuk benar-benar memabngun kendaraan konsep secara visual dan secara teknis menunjukkan ide-ide tetang apa yang dapat digapai," ujar Scania President and CEO Henrik Henriksson seperti dikutip dalam laman resminya.

"NXT dirancang untuk tahun 2030 dan seterusnya sambil menggabungkan beberapa fitur canggih yang sudah tersedia," jelasnya.

Modul bus sepanjang delapan meter dibangun sebagai satu material komposit, yang secara substansial mengurangi bobot.



Baterai sel silinder ditempatkan di bawah lantai, dengan demikian memanfaatkan ruang kosong selain berkontribusi pada distribusi bobot yang lebih baik.

Dengan bobot kendaraan yang rendah kurang dari delapan ton, kisaran baterai saat ini diperkirakan mampu melahap perjalanan hingga sejauh 245 kilometer.

"Peningkatan berkelanjutan dalam langkah-langkah kecil telah menjadi ciri khas Scania," kata NXT Project Manager, Sjödin.

"Kami sekarang mengambil lompatan raksasa ke masa depan. Kendaraan ini akan memberikan data nyata yang tak ternilai dalam pengembangan berkelanjutan kendaraan otonom berlistrik kami. " tukasnya. (riar/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com