Selasa, 04 Jun 2019 15:33 WIB

Janji Suci Polisi Aceh Besar di Lokasi Rawan Kecelakaan saat Mudik

Agus Setyadi - detikOto
Foto: Pos polisi Janji Suci di Aceh Besar (Dok dok Satlantas Aceh Besar) Foto: Pos polisi Janji Suci di Aceh Besar (Dok dok Satlantas Aceh Besar)
Aceh Besar - Polisi lalu lintas (Polantas) Polres Aceh Besar membuat pos janji suci di tikungan Seunapet di kawasan Seulawah, Aceh Besar. Tikungan ini dikenal paling rawan kecelakaan sehingga pemudik diimbau berhati-hati.

Pos janji suci bikinan satuan lalu lintas (Satlantas) ini merupakan pos bayangan. Jika meluncur dari arah Medan Sumatera Utara menuju Banda Aceh, pos terletak sebelah kanan sebelum turunan jembatan Seunapet.

Di sana, dibangun sebuah pos yang dijaga dua patung polisi yang mengenakan rompi lalu lintas. Ketika terkena pantulan lampu, kedua patung tersebut memancarkan sinar scotlight.



"Pos ini kita bikin bertujuan untuk memberikan perhatian kepada masyarakat yang melintas sehingga pengendara dapat mengurangi kecepatan kendaraannya," kata Kasat Lantas Polres Aceh Besar AKP Vifa Fibriana Sari kepada detikcom, Selasa (4/6/2019).

Selain itu, pos tersebut juga dilengkapi dengan spanduk unik. Di antaranya bertulis pantun yang isinya "Pos janji suci. Walaupun sucinya janjiku tak seputih merpati, tetapi merpati tak pernah ingkar janji. Tikungan Seunapet seksi dan indah, beristirahatlah jika anda lelah."

"Tikungan Seunapet merupakan daerah rawan laka lantas dengan sudut tikungan yang cukup tajam, dan berbatasan langsung dengan jurang," jelas Vifa.

Vifa mengimbau pemudik untuk berhati-hati saat melewati wilayah Aceh Besar terutama tikungan Seunapet. Dia juga mengingatkan pengguna jalan untuk beristirahat di Pos Pengamanan Lebaran 2019 Polres Aceh Besar, jika sudah lelah.



Pos pengamanan dibikin di lokasi strategis dan terdapat banyak fasilitas umum, seperti masjid, SPBU, rumah makan, Puskesmas, pusat oleh-oleh dan lainnya.

"Selain itu kami juga mengimbau agar pengendara lebih hati-hati saat cuaca hujan atau berangin, waspadai pohon tumbang, jalan licin dan batas pandang sehingga jaga kecepatan kendaraan anda," imbaunya. (ddn/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com