Jumat, 17 Mei 2019 20:10 WIB

Terminal Bus Tipe A Akan Dapat Jatah Rp 10 Miliar untuk 'Permak Wajah'

Luthfi Anshori - detikOto
Ilustrasi  Terminal Foto: Rifkianto Nugroho Ilustrasi Terminal Foto: Rifkianto Nugroho
Jakarta - Kementerian Perhubungan punya rencana merenovasi terminal bus tipe A yang ada di Indonesia. Pemerintah pun mengatakan sudah menyiapkan anggaran untuk kebutuhan renovasi ini.

"Selama ini kami memang belum pernah mendapat anggaran. Tapi tahun depan, mungkin dapat anggaran yang memadai," ujar Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, dalam kegiatan silaturahmi Kementerian Perhubungan bersama operator Bus AKAP di Jakarta, Jum'at (17/5/2019).



Adapun anggaran untuk perbaikan terminal bus tipe A ini diperkirakan mencapai Rp 500 miliar. "Kami harapkan dapat anggaran yang besar. Kalau Rp 500 miliar, saya spreading masing-masing terminal dapat (jatah) Rp 10 miliar," lanjut Budi.

Ada beberapa terminal tipe A yang sudah ditargetkan Kementerian Perhubungan untuk segera dilakukan renovasi.

"Seperti (terminal) Jogja belum bagus, Semarang belum bagus, Surabaya belum maksimal, Tegal, dan Pekalongan itu juga perlu direnovasi. Semua perlu direnovasi," katanya lagi.



Fokus renovasi akan dititikberatkan untuk memperbanyak fasilitas umum untuk para calon penumpang. "Minimal itu nanti punya lounge, dan WC yang bagus," terangnya.

"Jadi kami berterima kasih sudah dialokasi (dana) oleh Kementerian Keuangan, karena (renovasi terminal bus) ini nantinya juga berkaitan dengan tourism," pungkasnya.

Sekadar informasi, berdasarkan PP RI No.43 tahun 1993, yang dimaksud terminal bus tipe A, yaitu terminal penumpang yang berfungsi melayani kendaraan penumpang umum untuk angkutan antar kota antar propinsi (AKAP), dan angkutan lintas batas antar negara, angkutan antar kota dalam propinasi (AKDP), angkutan kota (AK) serta angkutan pedesaan (ADES). (lua/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed