ADVERTISEMENT
Selasa, 14 Mei 2019 14:07 WIB

Mudik Lebaran, Tarif Bus Dipastikan Naik Sampai 30 Persen

Luthfi Anshori - detikOto
Armada bus Putera Mulya Sejahtera (Foto: Putera Mulya Sejahtera) Armada bus Putera Mulya Sejahtera (Foto: Putera Mulya Sejahtera)
Jakarta - Sudah menjadi pengetahuan umum jika tarif angkutan umum akan melonjak di momen libur panjang seperti mudik lebaran. Tak terkecuali angkutan bus, yang sudah mengonfirmasi kenaikan tarif angkutan bus di musim mudik lebaran 2019.

"Pasti ada, karena kalau kenaikan tarif itu sudah ada di kalender kami," buka Pimpinan Perusahaan Otobus PT Putera Mulya Sejahtera, Kurnia Lesani Adnan, saat dihubungi detikcom.



Menurut pria yang akrab disapa Sani, kenaikan tarif bus tahun ini sama seperti kenaikan tarif bus saat mudik lebaran di tahun lalu. "Kenaikan antara 25-30 persen. Maksimal 35 persen lah ya. Kenaikan ini menjelang lebaran saja," lanjut Sani.

Dijelaskan Sani, penyebab utama mengapa Perusahaan Otobus menaikkan tarif menjelang lebaran, bukan semata karena demand yang meningkat ataupun karena ingin mengambil keuntungan lebih.



"Kenapa kami pasti naikkan, karena cost-nya kan juga naik dua kali lipat sampai dua setengah kali lipat," katanya lagi.

Menurut Sani, kenaikan cost termasuk dari sisi official maupun operasional. "Dari sisi official, kami juga harus bayar THR karyawan dan segala macam. Sedangkan untuk operasional, bus kami dari H-1 itu kan dari Jakarta pasti penuh, tapi dari timurnya kosong. Bus nggak bawa penumpang. Jadi kalau kami naikkan tarif, untuk nutupin bus kosong itu sebenarnya. Jadi bukan menaikkan margin," pungkasnya. (lua/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com