Jumat, 10 Mei 2019 16:36 WIB

Sopir Angkot Ganti Gigi Mobil Pakai Kaki

Dina Rayanti - detikOto
Jeepney Foto: Tourism in Phillipines Jeepney Foto: Tourism in Phillipines
Jakarta -

[Gambas:Youtube]



Mengganti gigi alias transmisi pada mobil masih sulit dilakukan sebagian orang. Agar perpindahan gigi mulus pun nampaknya butuh teknik yang pas.

Tapi tidak dengan yang dilakukan sopir angkutan umum Jeepney di Filipina. Perlu diketahui Jeepney merupakan angkutan umum di Filipina yang bentuknya seperti minibus.

Jeepney di jalanan ManilaJeepney di jalanan Manila Foto: Tourism in Phillipines


Sang sopir tak perlu usaha ekstra keras untuk mengganti gigi Jeepney ketika sedang melaju. Bahkan kalau mengganti gigi biasanya dilakukan dengan tangan, sopir ini justru menggunakan kaki kanannya.

Dalam sebuah video yang diunggah warga lokal Giancarlo Dones, si sopir tak lagi melihat-lihat pada tuas transmisi. Padahal di tuas transmisi juga tidak ada petunjuk angka-angka untuk menunjukkan posisi gigi.

Sopir tersebut tampaknya sudah hafal betul setiap posisi transmisi sehingga tak perlu lagi melihatnya dan memindahkannya cukup dengan kaki.

Mungkin ini hal yang sulit dilakukan bagi sebagian orang. Butuh latihan setiap hari hingga bisa mahir seperti si sopir. Dan sepertinya untuk mengganti gigi dengan kaki hanya bisa digunakan saat posisi tuas transmisi lebih rendah dari tempat duduk.

Tapi kalau diperhatikan, hal ini memang mustahil dilakukan bagi setiap orang. Jangan ditiru ya detikers karena pastinya berbahaya. (dry/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed