Menengok Armada Mobil Ambulans, Mana yang Paling Lengkap?

Ridwan Arifin - detikOto
Selasa, 09 Apr 2019 14:28 WIB
Ambulans. Foto: Ridwan Arifin
Jakarta - Mobil ambulans dikenal sebagai salah satu kendaraan medis untuk mengangkut orang sakit, korban kecelakaan hingga jenazah. Seperti pemadam kebakaran, ambulans diberikan hak istimewa untuk melintas di jalan raya.

Namun jenis ambulans yang digunakan ternyata dibedakan sesuai fungsinya. Seperti diungkapkan salah satu sopir ambulans dari rumah sakit pelat merah di Jakarta, Arief Rahman.

Setidaknya ada empat jenis armada, yakni ambulans transportasi, ambulans emergency, ambulans lapangan atau advance dan terakhir mobil jenazah. Tentu alat di dalamnya berbeda-beda, yang paling lengkap bahkan dikatakan rumah sakit berjalan adalah advance.



"Untuk advance itu di dalamnya ada ventilator, monitor, ada juga piggyback, oksigen, juga ada infus, paling lengkap peralatan medisnya," ujar Arief kepada detikcom, di Jakarta Timur.

Arief memperlihatkan isi mobil ambulansArief memperlihatkan isi mobil ambulans Foto: Ridwan Arifin


Lebih lanjut Roviq Hidayat selaku penanggung jawab ambulans di Rumah Sakit Umum Daerah Pasar Rebo ini menyebut bahwa ambulans advance dapat digunakan untuk suatu kondisi khusus yang bahkan bisa saja dilakukan tindakan gawat darurat di dalam ambulans bila kondisi pasien mengharuskan demikian. Karena itulah diperlukan dukungan sarana prasarana lengkap dan advance (tingkat lanjut).

Menengok Armada Mobil Ambulans, Mana yang Paling Lengkap?Peralatan ambulans Foto: Rizki Pratama


"Oleh karena itu kru dan sopirnya pun orang-orang pilihan," ujar Roviq kepada detikcom.

Ia mengatakan bahwa setiap kru dan driver ambulans sudah dibekali pengetahuan medis yang cukup. Supaya ia dan rekannya dapat memberi pertolongan kepada pasien sesuai prosedur yang telah ditetapkan, apalagi dalam kondisi gawat darurat.



Lebih lanjut tidak hanya soal kecakapan berkendara untuk situasional yang sifatnya darurat maka sopir dibekali sertifikat Bantuan Hidup Dasar.

Menengok Armada Mobil Ambulans, Mana yang Paling Lengkap?Foto: Rizki Pratama


"Saat waktu pertama kali masuk ke ambulans kita sudah di-training BHD (Bantuan Hidup Dasar) dan BTCLS (Basic Trauma Cardiac Life Support), jadi semua kru dan sopir ambulans itu harus punya sertifikat," kata Arief.

Untuk mobil jenazah tentu kegunaannya berbeda dengan ambulans lainnya karena tidak difasilitasi dengan alat-alat medis.

Arief mengatakan ruang di dalamnya memang lebih kosong dibandingkan mobil lainnya. "Tidak lemari, ngeplong aja, cuma bangku, sama keranda jenazah, tidak ada alat-alat," ucap Arief. (riar/rgr)