ADVERTISEMENT
Senin, 08 Apr 2019 07:36 WIB

Berita Populer: Biaya Iring-iringan Trump, Mobil Penggerak Depan

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Foto: VN Express Foto: VN Express
Jakarta - Seorang petinggi negara biasanya selalu mendapatkan pengamanan yang sangat ketat. Tak terkecuali Presiden Amerika Serikat, Donald Trump.

Setiap melakukan perjalanan, Trump selalu dikelilingi pasukan keamanan. Tak tanggung-tanggung, biaya iring-iringan Trump terbilang sangat mahal. Semenit bisa untuk membeli satu unit motor sport 150 cc. Berapa sih biayanya?

Berita soal biaya iring-iringan Donald Trump ini menjadi salah satu berita populer otomotif akhir pekan kemarin. Selain itu, ada berita populer lainnya yaitu keunggulan mobil berpenggerak roda depan seperti Mitsubishi Xpander.

Berikut ulasan berita populer otomotif akhir pekan.

1. Mahal Banget! Biaya Iring-iringan Donald Trump Rp 37 Juta/Menit

Belum lama ini iring-iringan Presiden Donald Trump terungkap menunjukkan bahwa betapa ketatnya menjaga kepala orang nomor satu di Amerika Serikat ini ketika tengah melintas di jalan kota.

Rombongan pertama dimulai dengan sejumlah pengendara sepeda motor polisi yang membersihkan jalan dan memastikan bahwa semua pengendara motor lain terhenti.



Mengintil dari belakang Ford Taurus dan kemudian 'The Beast' yaitu mobil kepresidenan Trump yang menggunakan sedan Cadillac buatan AS.

Di belakang The Beast, ada Presiden of United States (Potus) yang menjadi sedan cadangan bagi Trump. Kedua sedan Trump ini memiliki spek yang serupa yaitu Cadillac lapis baja.

Sepasang Cadillac lapis baja berat selalu berganti-ganti ketika membawa Potus dan keduanya selalu berkendara bersama. Salah satu Cadillac ini mengangkut presiden dan keduanya sarat dengan senjata dan dua liter golongan darah Trump, kalau-kalau ada yang tidak beres.

Setelah dua Cadillac untuk Potus melintas, kemudian datang tidak kurang dari enam SUV dengan lampu berkedip, yang sebagian besar adalah Chevrolet Suburbans. Di belakang mereka mengikuti sebuah truk hazmat gelap. Iring-iringan Presiden kemudian dilengkapi oleh satu SUV hitam dan mobil polisi terakhir. Tercatat kurang lebih 30 kendaraan bermotor melintas.

Tentu untuk iring-iringan seperti ini butuh biaya yang tak sedikit. Seperti dilaporkan Jalopnik bahwa perjalanan antara Gedung Putih dan Markas Besar PBB di New York membebani biaya pembayar pajak AS sekitar $ 156.820, atau $ 2.614 (sekitar Rp 37 juta) per menit.

Perjalanan ini mencakup iring-iringan mobil, penerbangan helikopter, dan penerbangan pesawat di atas Air Force One. Bila dikurs rupiah tentunya, di Indonesia bisa mendapatkan motor sport fairing berkapasitas 150 cc per menit.


2. Kelebihan Mobil Berpenggerak Roda Depan Seperti Xpander Dkk

Toyota masih mempertahankan penggerak roda belakang pada Low MPV andalannya Avanza. Toyota masih ogah ikutan tren Low MPV yang rata-rata sudah mengusung penggerak roda depan.

Tercatat dari tujuh Low MPV di Tanah Air, empat diantaranya telah mengusung penggerak roda depan yaitu Xpander, Mobilio, Livina, dan Ertiga. Sementara Avanza ditemani Xenia juga Wuling Confero.



Salah satu alasan penggunaan penggerak roda depan pada Low MPV adalah hemat bahan bakar. Karena konsumen di segmen tersebut masih cukup konsen dengan konsumsi BBM.

Mobil dengan penggerak roda depan artinya seluruh tenaga dari mesin disalurkan ke bagian roda depan mobil. Sementara roda belakangnya tidak diberikan tenaga.

Mengusung tenaga penggerak roda depan membuat mobil bisa lebih hemat penggunaan bahan bakar serta emisi karbon dioksida yang dihasilkan lebih sedikit.

Sistem penggerak roda depan juga lebih murah sehingga bisa menjadi keuntungan tersendiri buat para pabrikan. Mengutip Edmunds, penggunaan sistem roda depan juga dapat membantu mengatasi masalah yang biasa dialami penggerak roda belakang seperti kehilangan traksi ketika memasuki tikungan.



Tonton juga video Trump Ingin Militer Rusia Angkat Kaki dari Venezuela:

[Gambas:Video 20detik]

(rgr/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com