Kamis, 28 Mar 2019 21:14 WIB

Produsen Mobil Mewah Ini Tertarik Bawa Mobil Listrik ke Indonesia

Ruly Kurniawan - detikOto
Foto: Porsche Foto: Porsche
Jakarta - Produsen mobil mewah asal Jerman, Porsche, ternyata tertarik mendatangkan kendaraan listrik di Indonesia. Karena, gejolak elektrifikasi pada bidang otomotif tidak mungkin bisa dihindari.

Hal itu diungkapkan langsung oleh Managing Director Porsche Indonesia, Christoph Choi pada peluncuran All New Porsche Macan di Jakarta, Kamis (28/3/2019). Namun memang, ada beberapa hal terlebih dahulu yang harus dilakukan Indonesia agar Porsche listrik benar-benar dibawa ke tanah air.

"Secara general, seluruh orang termasuk di Indonesia tertarik kepada mobil listrik. Tidak perduli itu adalah Porsche, Tesla, dan lain sebagainya. Kami sendiri melihat, akan ada keinginan besar untuk memiliki mobil listrik di masa mendatang," kata Christoph.


"Kami pun berkomitmen untuk terus berkembang dan menuju elektrifikasi pada kendaraan. Namun untuk masuk ke Indonesia, saya belum tahu kapan sebab banyak faktor yang menjadi landasan kami agar memperkenalkan mobil listrik ke suatu negara," lanjut dia.

Salah satu faktor yang jadi pertimbangan Porsche tersebut adalah tentang infrastruktur charging station untuk mobil listrik. Yang dimana kini sedang dikembangkan oleh berbagai pihak terkait (pemerintah dan industri).

"Ini tentu ada kaitannya dengan infrastruktur yang sedang berkembang seperti di Indonesia. Salah satu contohnya ialah charging station. Di Indonesia, saya lihat memang sedang menyiapkan hal tersebut. Berbagai pihak termasuk pemerintah sedang mengupayakannya agar membangun charging station mobil listrik yang proper," kata Christoph.

"Jadi, saat infrastrukturnya sudah siap, kami akan berdiskusi lagi kepada prinsipal untuk membawa langsung Porsche listrik ke Indonesia," pungkas dia lagi.


Perlu diketahui, Porsche merupakan salah satu produsen otomotif mewah yang sedang mengembangkan mobil listrik. Secara global, Porsche listrik pertama mereka yang bernama Taycan sudah memasuki angka pemesanan mencapai 20.000 unit.

Sebenarnya tak mengherankan Porsche Taycan langsung diserbu para penggemar mobil kencang asal Jerman tersebut. Sebab, mobil tak hanya menawarkan kemewahan namun juga performa terbaik. Taycan mampu berlari 0-100 km/jam hanya dalam 3,5 detik, dan bisa berlari hingga 311 mil atau 500 km berdasarkan pengetesan NEDC Test Cycle.

Selain itu mobil listrik Porsche Taycan ini juga hanya butuh waktu pengecasan 4 menit untuk bisa berlari hingga 100 km. Dinyatakan, mobil bakal baru dikirim ke tangan konsumen akhir tahun 2019 ini. (ruk/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com