Senin, 25 Mar 2019 20:31 WIB

Ini yang Paling Susah Dipelajari Pengemudi Mobil Pemula

Luthfi Anshori - detikOto
sekolah mengemudi Foto: Luthfi Anshori/detikOto
Jakarta - Belajar mengemudikan mobil tak hanya bicara soal cara mengoperasikan pedal rem, gas, kopling, dan tuas transmisi saja. Belajar mengemudikan mobil juga harus pandai-pandai memperkirakan situasi di luar mobil.

Dijelaskan instruktur sekolah mengemudi Ar'Rahman, Sariin, ada beberapa hal yang sulit dipelajari pengendara mobil pemula.



"Buat siswa kursus, paling susah itu biasanya feeling ngukur bodi mobil. Jadi misalnya saat simpangan dengan mobil lain di jalan yang sempit, itu masih banyak yang ragu-ragu," kata Sariin, ditemui detikcom di Cipinang, Jakarta Timur.

Selain ketika simpangan dengan mobil lain, yang sulit dipelajari pengendara mobil pemula juga ketika ingin berbelok. Sekadar tips, jika ingin berbelok atau putar balik, ambilah lajur terluar, agar ketika mobil belok fender atau bodi mobil aman dari potensi benturan.

Sekolah mengemudiSekolah mengemudi Foto: Luthfi Anshori/detikOto


"Yang sulit juga dipelajari pas bawa mobil di tanjakan. Kadang instruktur kalau ngajari siswa di jalanan yang sepi itu mereka lancar. Tapi pas di jalanan ramai, mereka suka blank. Kesulitannya di situ sih," lanjut Sariin.



Tak hanya dalam kondisi tanjakan atau ketika ingin belok, cara parkir juga bisa jadi salah satu pelajaran yang butuh praktek berkali-kali sampai pengendara pemula mobil lancar.

"Karena itu kami ada jam latihan khusus untuk latihan tanjakan dan cara parkir ini. Parkir butuh latihan ekstra ketika ingin parkir di tempat yang sempit atau ketika ingin parkir paralel," pungkasnya. (lua/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com