Jumat, 22 Mar 2019 17:30 WIB

Cita-cita Pemerintah Armada Transjakarta 100 Persen Bus Listrik

Luthfi Anshori - detikOto
Bus listrik Transjakarta Foto: Pradita Utama Bus listrik Transjakarta Foto: Pradita Utama
Jakarta - PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) baru saja meresmikan kesepakatan kerjasama dengan beberapa perusahaan bus listrik untuk melakukan studi kendaraan listrik di rute bus Transjakarta. Kerjasama ini melibatkan MAB (Mobil Anak Bangsa) dan produsen bus asal China BYD.

Dijelaskan Direktur Utama Transjakarta Agung Wicaksono, ujicoba ini diusahakan akan mulai dilakukan pada Mei 2019 nanti. Dan kira-kira 10 unit bus listrik dari MAB dan BYD akan diuji coba selama kurang lebih 6 bulan.



"Dalam uji coba ini kita ingin mencari bus yang betul-betul memenuhi syarat. Perkiraan dari Pak Gubernur, apakah bisa 10 Armada? Ya kita lihat seberapa jauh kesiapan dari para penyedia, tapi paling nggak kita lihat sudah ada tiga armada yang ada di sini," kata Agung, kepada wartawan di Jakarta, Kamis (21/3/2019).

Dikatakan Agung, tidak menutup kemungkinan jika nantinya 100 persen armada Transjakarta memakai bus listrik. Meskipun itu memerlukan waktu cukup lama.



"Melihat dari diskusi hari ini, bus listrik memang prosesnya cukup panjang. Jadi tidak serta-merta kita katakan semuanya akan (bus) listrik. Secara jangka panjang kita punya cita-cita demikian, tapi tentu secara bertahap, kita harus melihat kesiapan dari industrinya dan kesiapan dari peralihan teknologinya," lanjutnya lagi.

"Tapi sebagai contoh, sudah ada kota di China (Shenzen) yang 100 persen bus listrik semua. Ada 16 ribu unit bus listrik di sana. Itu bisa (dilakukan di Jakarta), tapi tentu kita tidak mengatakan segera harus terjadi. Karena kita juga mau menjaga kelancaran operasional transjakarta," pungkasnya. (lua/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed