Kamis, 21 Feb 2019 08:32 WIB

Nasib Bus Kota Renta

Ridwan Arifin - detikOto
1
Halaman 1 dari 7
Foto: Ridwan Arifin
Jakarta - Dahulu, mungkin banyak orang yang menjadikan bus kota seperti PPD dan Mayasari Bakti sebagai teman sehari-hari. Semakin hari, bus kota tanpa AC tersebut semakin renta. Kini, bus kota berkarat tersebut tak boleh beredar lagi di jalanan ibukota.

Bus berkelir putih ala Perum Perusahaan Pengangkutan Djakarta alias PPD dulu sering kita lihat di jalanan Jakarta. 'Batang hidungnya' tak lagi terlihat sekarang.

Satu bus putih penuh kenangan itu masih terparkir menyendiri di pojok lahan parkir yang menampung 62 bus TransJakarta di pool PPD Depok, Jawa Barat. Bus tak terawat itu terlihat penuh coret dan karat.



Kirman, penanggung jawab bengkel pool PPD Depok yang sudah 28 tahun mengabdi di PPD, menyebut sekarang tidak ada lagi bus yang bobrok seperti dulu. Kini, PPD beralih fokus untuk melayani penumpang bus Transjakarta. Di pool PPD Depok ini bisa tertampung 62 unit bus Transjakarta berkelir biru.

"Di sini ada 62 bus TransJakarta terparkir setiap harinya," kata Kirman kepada detikOto.

Tak cuma PPD, Mayasari Bakti pun mulai beralih fokus untuk melayani penumpang Transjakarta. Bus reguler Mayasari Bakti yang kental dengan warna hijau mulai berkurang.

Berikut ulasan laporan mengenai bus kota yang kini lebih nyaman. (rgr/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com