Rabu, 06 Feb 2019 17:29 WIB

Ingat! Pakai HP di Pom Bensin Itu Berbahaya, Bisa Terbakar!

Luthfi Anshori - detikOto
SPBU. Foto: Pradita Utama SPBU. Foto: Pradita Utama
Jakarta - Di Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) biasanya ada aturan tidak boleh mengoperasikan kamera atau handphone. Bagi masyarakat awam yang tidak tahu alasan dibalik larangan tersebut, mungkin akan menganggap aturan tersebut sepele.

Bahkan tak jarang yang mengabaikan dan tetap menggunakan handphone saat berada di sekitar pom bensin. Aturan soal dilarangnya penggunaan handphone di pom benisn tak asal dibuat. Aturan tersebut sengaja diberlakukan demi keamanan dan keselamatan pengguna SPBU.


Kalau masih bandel siap-siap ada bahaya yang mengintai jika handphone dioperasikan saat mengisi bahan bakar.

Seperti dijelaskan Media Communication Manager PT Pertamina Persero Arya Dwi Paramita, mengoperasikan handphone di lokasi SPBU bakal memicu terjadinya percikan api.

"Api dapat timbul karena faktor segitiga api terpenuhi, yaitu panas, oksigen, dan bahan bakar," kata Arya kepada detikOto, Rabu (6/2/2019).

Menurut Arya, perangkat elektronik seperti handphone akan menjadi hal yang sangat berbahaya di SPBU.


"Berbahaya, karena panas yang timbul dari HP dapat memicu terjadinya api, mengingat di sekitarnya ada bahan bakar dan oksigen," pungkas Arya.

Nah Otolovers, sebaiknya ketika mengisi bensin, jangan sekali-kali mengoperasikan perangkat handphone ya. Karena jika percikan api terjadi, bukan hanya bakal membahayakan diri sendiri, bahkan juga tangki bahan bakar dan orang-orang yang ada di SPBU.



Tonton juga video 'Ponsel Pegawai Pemprov Riau Tetiba Meledak saat Di-charge':

[Gambas:Video 20detik]


Ingat! Pakai HP di Pom Bensin Itu Berbahaya, Bisa Terbakar!
(lua/dry)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com